Vaquita

Vaquita – Vaquita (Phocoena Sinus) merupakan spesies lumba – lumba langka yang ada di endemik dibagian utara Teluk California. Sejak 2006 lumba – lumba spesies ini menjadi spesies yang terancam punah di dunia. Vaquita sendiri terdaftar terancam punah karena individu ini yang menurun hingga dibawah 100 pada tahun 2014 , sehingga spesies ini ditempatkan pada spesies yang terancam punah. Pada tahun 2015 individu ini diperbaharui menjadi sekitar 60 individu yang tersisa , dan pada tahun berikutnya individu ini menjadi tersisa 30 individu , sehingga orang mengarahkan spesies ini merupakan hewan yang terancam kepunahannya. Penurunan populasi ini disebabkan karena penangkapan yang dilakukan secara ilegal. Karena harga insangnya yang diperkirakan memiliki harga yang sangat mahal. Selain itu , kemampuan vaquita untuk bertahan hidup dan bereproduksi sangat terbatas dan terjadi pada suatu tempat yang tidak pasti.

Spesies ini dibedakan dengan lingkaran hitam disekitar mata mereka, patch pada bibir mereka , dan garis yang memanjang dari sirip dorsal ke mulut mereka. Punggung mereka berwarna abu-abu gelap yang memudar menjadi putih pada bagian bawah. Pada vaquita dewasa , warna abu – abu menjadi terang. Vaquita betina cenderung untuk tumbuh lebih besar daripada jantan. Pada rata – rata , betna dewasa memiliki panjang 1.406 cm. Dibandingkan dengan 1.349 cm untuk jantan dewasa. Umur , pola pertumbuhan , reproduksi musiman , dan ukuran testis vaquita semua mirip ikan lumba – lumba pelabuhan. Dengan sirip yang lebih besar secara proposional dibandingkan dengan lumba – lumba lain , dan sirip yang lebih tinggi dan lebih berbentuk sabit.

Vaquita menggunakan suara bernada tinggi untuk berkomunikasi satu sama lain. Mereka umumnya makan dan berenang dengan santai. Vaquita berusaha menghindari kapal , ketika mereka keluar ke permukaan , mereka bernapas dengan lambat , gerakan maju dan kemudian menghilang dengan cepat. Vaquita merupakan spesies yang kurang bersosialisasi , karena mereka selalu sendiri kecuali ketika bersama anak-anaknya. Vaquita merupakan satu – satunya spesies yang termasuk keluarga lumba – lumba di perairan hangat. Vaquita merupakan predator non-selektif.

Kalian dapat menemukan Vaquita pada daerah utara di Teluk California atau Laut Cortez. Mereka tinggal di perairan dangkal dan laguna keruh di sepanjang garis pantai.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *