Tumbuhan Yang Terancam Punah Dan Langkah

Tumbuhan Yang Terancam Punah Dan Langkah

Tumbuhan Yang Terancam Punah Dan Langkah

Tumbuhan Yang Terancam Punah Dan Langkah – Dari banyaknya negara di dunia ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur disini. Bahkan tidak sedikit dari tanaman tersebut yang bersifat langka atau sangat sulit sekalin untuk ditemukan sehingga harus dilindungi.

Nah kalin ini saya akan membahas berbagai tumbuhan langka di indonesia. Berbagai tumbuhan ini sudah sangat jarang ditemukan sehingga harus dilindungi agar tidak terancam punah. Apa sajakah tumbuhan tersebut ?

Bunga Bangkai

Tumbuhan Yang Terancam Punah Dan Langkah

Bunga bangkai dengan nama latin amorphophallus titanum merupakan bunga raksasa yang sangat unik karena dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk tersebut sebenarnya bertujuan untuk mengundang kumbang dan lalat agar hinggap dan membantu proses penyebukan.

Bunga ini tumbuh tinggu menjulang ke atas hingga mencapai 4 meter. Ketika mekar, bagian luarnya yang berwarna putih krem sedangkan mahkotanya berwarna merah tua keunguan. Bunga ini hanya akan mekar selama 7 hari hingga kemudian mari atau tumbuh kembali.

Baca Artikel Lainnya : 5 Hewan Peliharaan yang Paling Banyak di Pelihara di Indonesia

Bunga bangkai berbunga pada rentang waktu yang cukup lama, bisa sekitar 5 tahun sekali. Habitat asli bunga ini ada di hutan sumatera. Akan tetap saat ini sudah mulai banyak yang dilestarikan di daerah lainnya seperti di taman hutan raya id. djuanda, bandung.

Raffllesia Arnoldii

Tumbuhan Yang Terancam Punah Dan Langkah

Padma raksasa atau rafflesia arnoldii juga merupakan bunga raksasa yang mengeluarkan bau busuk menyengat ketika mekar. Karena sama-sama mengeluarkan bau busuk, terkadang banyak orang yang keliru menyebut bunga ini sebagai bunga bangkai.

Bunga raksasa ini tumbuh melebar kesamping  dan bukan meninggi seperti bunga bangkai. Ketika bunganya mekar, diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat mencapai 10 kilogram. Masa tumbuh hingga sampai mekarnya adalah sekitar 9 bulan. Bunga ini hanya mekar selama 7 hari sebelum kemudian layu dan mati.

Bunga rafflesia arnoldii hidup menumpang pada tumbuhan lain. Maka dari itu, habitatnya sangat bergantung kepada adanya tumbuhan inang. Saat populasi bunga ini semakin menyusut karena habitatnya yang semakin sempit karena adanya alih fungsi hutan menjadi area pertanian, pemukiman, ataupun pertambangan.

Nah itulah daftar tumbuhan langka di indonesia yang saat ini sudah mulai terancam keberadaanya. Dengan mengetahui berbagai tumbuhan tersebut, diharapkan kita dapat lebih menjaga kelestarian alam dan tidak merusaknya untuk kepentingan pribadi.

Share:

Author: jordan smith