Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup

Tingkatan Klasifikasi Makhluk Hidup – Berdasarkan tujuan dan penjelasan di artikel sebelumnya, fungsi dari klasifikasi adalah mempermudah dalam mempelajari makhluk hidup. Klasifikasi disusun dalam bentuk bertingkat berdasarkan banyak sedikitnya serta perbedaan yang ada pada makhluk hidup, dan juga tingkatan itu disebut dengan Takson.

Baca juga : Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom

Tingkatan terkecil dari klasifikasi makhluk hidup adalah spesies, dan klasifikasi terbesar adalah Kingdom. Penjelasannya akan di uraikan berikut ini:

1. Kingdom

Kingdom adalah tinggkatan tertinggi dalam klasifikasi makhluk hidup. Pada awalnya makhluk hidup hanya dikelompokkan menjadi dua kingdom yaitu plantae dan animalia. Namun seiring dengan perkembangnya pengetahuan sekarang ini makhluk hidup dikelompokkan menjadi enam kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia, dan virus.

2. Divisi atau Filum

Pada tahap klasifikasi kedua adalah divisi atau filum, merupakan pembagian kelompok kelompok lebih kecil dari kingdom ke divisi/filum. Divisi merupakan sebutan untuk kelompok tumbuhan, dan filum sebutan untuk kelompok hewan.

3. Kelas

Tahap selanjutnya setelah pengklasifikasian divisi/filum adalh kelas. Dari setiap divisi/filum dipecah lagi menjadi kelompok kelompok kecil yang disebut dengan Kelas. Dasar dari pengelompokkannya menggunakan sifat atau ciri-ciri umum. Misalnya divisi spermatophyta begai menjadi dua kelas yaitu kelas dikotil dan kelas monokotil.

4. Ordo

Dari tahap pengklasifikasian kelas dipecahkan lagi untuk menjadi kelompok yang lebih kecil yang disebut dengan Ordo. Dasar dari pengelompokkan ordo ialah sifat maupun ciri khususnya, misalnya kelas monokotil dibedakan atas beberapa ordo, yaitu rumput-rumputan, rumput teki, jahe-jahean, bakung-bakungan dan pandan-pandanan.

5. Famili

Selanjutnya pada tahap pengklasifikasian famili di pecah lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. misalnya pada ordo bakung-bakungan dipecah lagi menjadi famili lili-lilian dan amarilis.

6. Genus

Pengelompokkan selanjutnya setelah famili adalah pengklasifikasian genus. Yaitu setiap famili dapat dibedakan lagi menjadi kelompok kecil lainnya yang disebut dengan Genus. Anggota genus memiliki persamaan lebih banyak bila dibandingka dengan takson takson di atasnya. Misalnya famili lili-lilian terbagi lagi menjadi, genus lili, lidah buaya, dan bawang-bawangan.

7. Spesies

Spesies merupakan tingkatan takson terendah dalam klasifikasi. Spesies merupakan bentuk bagian pengelompokkan terkecil setelah genus. Dan setiap genus dapat memiliki beberapa spesies. Misalnya, genus allium mempunyai dua spesies yaitu bawang merah dan bawang putih.

Demikian artikel seputar klasifikasi makhluk hidup. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk pembaca.

You May Also Like