Tarsius

Tarsius

Tarsius
merupakan salah satu hewan endemik dari pulau Sulawesi. Tarsius adalah salah satu jenis primata terkecil didunia. Tarsius adalah hewan kecil dengan mata besar dengan diameter sekitar 16 mm dan lebih besar daripada otaknya, kepala Tarsius dapat memutar hampir 180 derajat ke kiri maupun ke kanan, Tarsius juga memiliki indra pendengaran yang sangat kuat dan sensitif juga memiliki kaki belakang yang lebih panjang dan panjang tubuh dari kepala hingga ekor 30 hingga 40 cm dengan memiliki bulu yang sangat halus dengan warna krem atau coklat.

Tarsius merupakan hewan Nokturnal yang melakukan aktifitas di malam hari dan tidur di siang hari. Hewan ini merupakan adalah hewan karnivora dan beburu di malam hari, mangsa utama hewan ini adalah serangga seperti kecoa, jangkrik dan terkadang reptil kecil, burung dan kelelawar. Habitat hewan ini adalah hutan-hutan di Sulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan dan juga pulau-pulau di sekitar Sulawesi seperti Suwu, Selayar dan Peleng.

Tarsius menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon. Hewan ini menandai pohon daerah teritori mereka dengan urine. Tarsius berpindah tempat dengan cara melompat dari pohon ke pohon. Hewan ini bahkan tidur dan melahirkan dengan terus bergantung pada batang pohon. Tarsius tidak dapat berjalan di atas tanah, mereka melompat ketika berada di tanah. Habitat tarsius berada di hutan primer namun juga bisa ditemui di hutan sekunder, dengan populasi yang cukup melimpah. Namun ancaman terhadap populasinya bisa datang dari kerusakan hutan atau penggunaan petisida bagi pertanian.

Tarsius lebih suka tinggal di lubang-lubang di pohon atau akar-akar bambu meski masih mungkin menemukannya di tempat lain. Hewan ini banyak melakukan aktivitasnya di malam hari, meski sekali-kali Anda bisa memergokinya di siang hari.

Sekarang ini keberadaan dari hewan ini suda mulai terancam punah, habitat aslinya sudah mulai banyak yang dirusak, dan juga hewan ini sulit untuk di kembang biakan di penangkaran. Banyak juga terjadi perburuan terhadap hewan ini sehingga populasinya semakin hari semakin berkurang

You May Also Like