Sugar Glider

Sugar Glider Petaurus Breviceps

Sugar Glider adalah hewan unik yang harus dipelihara. Karena lucu dan imutnya yang membuat ketertarikan masyarakat baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya ingin mempunyai atau mengingini hewan tersebut. Hewan ini berasal dari Indonesia tepatnya dari Papua.

Sugar Glider dalam bahasa latinnya Petaurus Breviceps adalah sejenis tupai pohon yang memiliki bentuk tubuh yang kecil dan unik dengan ukuran tubuh 24-30 cm dan berat 4-6 ons. Karena memiliki tubuh yang kecil dan unyu-unyu, banyak sekali sebutan untuk hewan satu ini yaitu hewan peliharaan dalam saku. Tubuhnya yang hanya bisa digapai dengan 5 jari tersebut serta raut wajahnya yang lucu membuat animal lover jatuh cinta kepadanya. Selain itu keunikan yang dimiliki Sugar Glider ini pada pergelangan kaki dan tangannya yang ditutupi dengan bulu atau membran yang disebut dengan Patagium. Jadi jika hewan ini membentangkan tangan serta kakinya, makan Patagium ini akan menjadi sayap Sugar Glider untuk melayang di udara.

Sugar Glider merupakan hewan yang sangat aktif serta memiliki metabolisme yang tinggi. Dalam aktivitas sehari-harinya hewan ini harus mengkonsumsi banyak protein dan kalsium. Tapi hewan ini juga salah satu hewan pemilih mengenai makanan yang dia sukai. Terkadang Sugar Glider akan memakan makanan atau buah tertentu yang diberikan dan jika keeesokan harinya jika mereka menolak makanan atau buah yang diberikah tidak perlu heran, itulah sifatnya. Maka bisa berikan menu makanan lainnya dan biarkan berselang 2-3 hari untuk kembali ke menu makanan semula.

Berikut ada beberapa jenis Sugar Glider

  1. Sugar Glider Classic Grey
    Grey merupakah jenis Sugar Glider yang paling terkenal dan sudah familiar terdengar oleh Penghobi di Indonesia. Hewan ini juga hewan yang paling banyak di pelihara serta paling cocok di ajak bersahabat.
  2. Sugar Glider White Face
    White Face memiliki wajah yang lebih putih dibandingkan dengan Grey. Perawatan dan harga nya juga jauh lebih mahal dari Grey. Cara merawatnya juga tidak semudah merawat Grey.
  3. Sugar Glider White Tip
    Jika diperhatikan secara detail, Sugar Glider white tip hampir sama dengan Grey hanya saja hewan ini memiliki warna putih diekornya.
  4. Sugar Glider Mosaik
    Sugar Glider yang memiliki sifat khusus dan hampir sama dengan Leucistic.
  5. Sugar Glider Leucistic
    Hewan satu ini hampi sama warna kulitnya dengan Albino hanya saja Leucistic mempunyai ciri kas warna mata yg hitam pekat.
  6. Sugar Glider Albino
    Albino merupakan Sugar Glider yang memiliki warna kulit khusus serta warna mata merah dan paling mahal harganya. Mungkin karena keunikannya dan jumlah permintaan yang sedikit.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *