Persebaran Flora Dan Fauna

Persebaran Flora Dan Fauna Indonesia Maupun Dunia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persebaran Flora Dan Fauna di Indonesia Maupun di Dunia

Apakah kalian tahu jika Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau? Selain dari itu kaya akan rempah dan juga kaya akan Persebaran Flora Dan Fauna.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tentang persebaran flora dan fauna yang akan kalian temui yang ada di setiap daerah dan dunia.

Persebaran Flora Di Indonesia

Persebaran Flora Di Indonesia Terdiri dari 3 bagian yaitu :

  1. Flora Bagian Barat
    Flora Barat yaitu flora yang tumbuh di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau kecil yang terletak di sekitarnya.
    Sumatera: pinus, kayu manis, beringin, meranti, kayu besi, dan rafflesia.
    Jawa: anggrek, pinang jati, meranti, beringin, mahoni dan bugenvil.
    Borneo: meranti, besi, jelutung, bakau, ramin, kaper, pinus dan rotan.
  2. Flora Bagian Tengah
    Flora bagian tengah yaitu tumbuh yang tumbuh di daerah Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku.
    Sulawesi: Ebony, kayu besi, pinus, rotan, kayu hitam, dan berbagai jenis anggrek. Nusa Tenggara: jati, akasia, cendana, kayu cendana, sandalwood dan berbagai jenis anggrek.
    Maluku: Kayu Besi, Gotasa, lenggua, sagu, jati, meranti, anggrek, dan kayu putih.
  3. Flora Bagian Timur
    Flora Indonesia bagian timur adalah tumbuhan yang hidup di pulau Papua dan pulau-pulau yang ada di sekitar itu. Ada banyak pohon dan tanaman masih semak langka. Di dataran rendah Papua ada mangrove, sagu dan pohon palem.

Persebaran Fauna Yang Ada Di Indonesia

Persebaran Fauna yang ada di Indonesia sendiri terbagi menjadi 3 tipe, yaitu:

  1. Tipe Asiatis
    jenis fauna asiatis termasuk Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Ada mamalia besar seperti gajah, macan, babi hutan, orangutan, badak bercula satu, banteng, tapir, kerbau, rusa, monyet, bekantan, dll
    Jenis reptil ada ular, bunglon, kura-kura, buaya, tokek, kadal, biawak. Dan trenggiling.
    Jenis burung: burung hantu, elang, merak, kutilang, gagak, jalak.gagak, burung jalak.
  2. Tipe Peralihan
    jenis fauna peralihan termasuk Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan pulau-pulau terdekat. Fauna Indonesia tengah di antara lainnya, babi rusa, kuskus, monyet hitam, tarsius, sapi, kuda, anoa, ikan duyunh, monyet saba, beruang, dan banteng.
    Jenis reptilnya, biawak, komodo, buaya, dan ular.
    Jenis burung: maleo, burung dewata, rangkong, kakatua, nuri, mandar, dan raja udang
  3. Type Australis
    Fauna Australis jenis tersebar di Papua, Halmahera dan Kepulauan Aru. Mamalia seperti Kangguru, beruang, walabi, landak irian atau nokdiak, kuskus, pemanjat berkantung, kanguru pohon, dan kelelawar. Tidak ada kera.
    Reptile seperti biawak, buaya, ular, serta kadal. Burung cendrawasih, nuri, raja udang, kasuari, serta namudur.

Persebaran Flora Di Dunia

Bioma yang ada dipermukaan ini dapat kita kelompok menjadi 7 yaitu:

  1. Bioma Gurun

    Daerah gurun ditandai dengan curah hujan yang sangat rendah adalah <250 mm per tahun dan tingginya intensitas panas matahari.

    Daerah gurun yang paling luas di sekitar 20 LU, mulai dari pantai Atlantik Afrika ke Asia Tengah.

    Di seluruh wilayah tersebut ada kompleks Gurun Sahara, Gurun Arab, dan Gurun Gobi yang mencapai 10 juta KM.

    Tanaman yang mampu untuk hidup di gurun Sahara memiliki daun kecil seperti duri dan memiliki akar panjang dan mampu menyimpan air di tempat itu.

    Vegetasi yang dapat bertahan daerah gurun adalah kaktus, semak-semak akasia , dan pohon-pohom tamar (kurma).

  2. Bioma Hutan Basah (Hutan Hujan Tropis)

    Tundra adalah daerah kutub yang tidak ditumbuhi oleh pohon. Hanya lumut yang  dapat tumbuh di tundra.

    Daerah tundra dapat ditemui di sekitar Lingkaran artik dan di pulau-pulau kecil di dekat Antartika.

    Daerah ini memiliki musim panas yang panjang dan cerah dengan suhu dan peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS dan musim dingin yang panjang dan gelap. Oleh karena itu, musim tanam adalah tanaman yang sangat singkat yaitu 30-129 hari per tahun.

  3. Padang Rumput

    Daerah padang rumput membentang dari daerah tropis ke daerah subtropis. Curah hujan di daerah padang rumput umumnya 250-500 mm per tahun.

    Tumbuhanan sulit untuk mengambil air dengan sering hasil dari curah hujan yang tidak teratur dan porositas rendah.

    Daerah padang rumput yang relatif basah, seperti di Amerika Utara, rumput bisa mencapai tiga meter, seperti rumput Bluestem dan Indian grasses.  Padang rumput terdiri dari tundra, Praire, Stepa, dan Sabana.

  4. Hutan Gugur

    Di daerah beriklim sedang, selain banyak rumput dan kadang-kadang ada gurun, yang paling khas adalah hutan gugur, yang disebabkan oleh beberapa hal berikut:

    – Curah hujan merata sepanjang tahun antara 750-1000 mm per tahun dan musim dingin dan musim panas sehingga daun tanaman menumpahkan menjelang musim dingin.

    – Bahwa mendahului musim dingin disebut musim gugur. Perbedaan hutan gurun dan hutan basah adalah densitas jarak. Di hutan gugur, jarak antara pohon-pohon tidak terlalu padat dan jumlah spesies antara 10-20 spesies.

  5. Taiga

    Taiga adalah hutan pohon pinus yang berdaun dan daunnya seperti jarum. Pohon-pohon yang terdapat di hutan taiga, misalnya, konifer terutama pohon picia, alder (almnus), birch (betula) dan juniper (Juniperus).

    Daerah ini merupakan bioma yang hanya terdiri dari satu spesies pohon. Taiga banyak terdapat di belahan bumi utara (Rusia, Siberia Utara,Amerika Utara dan  Tengah) dengan periode pertumbuhan antara 3 sampai 6 bulan di musim panas.

Persebaran Fauna Yang Ada Di Dunia

Menurut Alfret Russel Wallace, persebaran fauna yang ada didunia dapat dikelompokkan menjadi 6 wilayah sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Wilayah Neartik
    Wilayah Neartik meliputi seluruh wilayah Greenland dan di seluruh wilayah Amerika Utara. Hewan yang ditemukan di daerah neartik meliputi tiga kijang cabang-bertanduk(Antelop), sejenis tupai dari Amerika Utara (prairie dog), kalkun, burung biru, salamander, bison, dan karibao (karibu).
  2. Wilayah Neotropik
    Wilayah ini meliputi Meksiko bagian selatan ke Amerika selatan dan tengah. Di wilayah ini, sebagian besar beriklim tropis dan subtropis. Hewan yang ditemukan di wilayah ini antara lain: kukang, armadillo, alpaca, kelelawar penghisap darah, orangutan, siamang, trenggiling, menjagan, sejenis babi. Kuda, tapir (yang berbeda dari tapir yang ada di asia) dan kera.
  3. Wilayah australis
    Daerah ini meliputi Selandia baru, Irian, dan Maluku serta pulau-pulau terdekat. Hewan yang hidup di kawasan ini mencakup kanguru, trenggiling, koala, burung kasuari, burung cendrawasih, kiwi, kura-kura, buaya, kakatua, burung mengisap madu dan burung emu.
  4. Wilayah Oriental
    Wilayah Oriental yang meliputi benua Asia dan pulau-pulau yang dekat, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Sri Lanka, Filipina dn. Sebagian besar daerah tropis. hewan tertentu di kawasan ini mencakup harimau, gajah, siamang, orang utan dan badak.
  5. Wilayah Paleartik
    Wlayah Paleartik meliputi hampir seluruh benua Eurasia dan beberapa lain daerah tertentu dari Himalaya, Afghanistan, Afrika, Inggris, dan Jepang. Hewan yang hidup antara lain bison, landak, kucing kutub dan menjangan kutub.
  6. Wilayah Ethiopia
    Wilayah Etiopian mencakup seluruh benua Afrika, Madagaskar dan daratan Arab bagian selatan. Hewan yang ditemukan di daerah ini termasuk gorila, simpanse, antelop, burung unta, kuda nil, zebra, dan jerapah.

Author: jordan smith