Penyebaran Flora dan Fauna Di Indonesia

Penyebaran Flora dan Fauna Di Indonesia

Begitu banyak keanekaragaman makhluk hidup di Indonesia, salah satunya yang sangat familiar adalah flora dan fauna. Keanekaragaman flora dan fauna di dukung oleh wilayah Indonesia yang merupakan salah satu Negara yang kaya dan luas akan berbagai macam keanekaragaman tumbuhan maupun satwa, baik yang ada di darat maupun yang ada dilaut.

Flora dan Fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 bagian yaitu Daerah peralihan, Daerah Asia dan Pengaruh dari benua Australia. Penyebabnya karena wilayah Indonesia terdapat garis Wallance yang dibatasi asiatis dengan peralihan, sedangkan garis webe membatasi antara bagian peralihan dengan australis.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia adalah sebagi berikut :

  1. Iklim
    Faktor yang berpengaruh besar akan keanekaragaman flora di Indonesia adalah Iklim. Proses tumbuh kembangnya suatu tanaman berpengaruh pada kondisi klim pada suatu daerah tertentu.
  2. Tinggi rendahnya permukaan bumi
    Faktor selanjutnya adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang dimaksudkan meliputi ketinggian dan kemiringan permukaan suatu wilayah. Semakin tinggi suatu wilayah maka suhu diwilayah tersebut mengalami penurunan. Sebaliknya jika semakin adanya derajat kemiringan suatu tanah akan berpengaruh besar kekuatan air dari dalam untuk mengikis permukaan tanah yang subur.
  3. Jenis Tanah
    Sedangkan Tanah merupakan media utama pada berbagai macam jenis dan tumbuhan yang ada. Mereka saling membutuhkan. Jika semakin subur tanah yang ada pada wilayah tersebut akan semakin baik untuk tanaman dan tumbuhan untuk hidup dan berkembang.
  4. Pengaruh Makhluk Hidup
    Faktor terakhir adalah Makhluk Hidup. Tak lepas tangan manusia dapat membantu proses transformasi. Dengan mengubah lingkungan untuk merubah kebutuhan hidupnya . Seperti contohnya megubah hutan bisa menjadi lahan pertanian, perkebunan, penerbangan, perumahan dan lainnya. Manusia merupakan komponen terpenting dalam perkembang kehidupan flora dan fauna,

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *