Penguin (Aptenodytes Forsteri)

Penguin (Aptenodytes Forsteri) adalah jenis burung yang sangat menggemaskan. Perilakunya yang lucu, jalannya yang menggemaskan dn warnanya yang menawan kerap menjadi hal yang sangat memuaskan bagi kita yang melihatnya.

Penguin banyak ditemukan di belahan bumi bagian selatan yaitu Antartika. Hanya sebagain kecil yang hidup di belahan bumi bagian utara yakni pulau Galapagos. Pengun memiliki tinggi sekitar 1 meter dan paling kecil sekitar 40 cm. Penguin bisa berenang juga bisa menyelam.

pengin hidup dalam kelompok besar yangterdiri dari hampir 50.000 ekor. 75% waktunya dipakai untuk berada di dalam air, mencari makan dengan cara berburu ikan. Udang dan cumi-cumi adalah makanan favorit jenis penguin yang berada di Antartika, sedangkan di wilayah yang sedikit hangat suka memangsa ikan.

Penguin Kaisar atau Emperor (Aptenodytes Forsteri)

Penguin-Kaisar-atau-EmperorJenis penguin ini ditemukan di sekitaran benua Antartika. Penguin Kaisar merupakan jenis penguin terbesar. Penguin ini mengerami dan meneteskan telurnya selama musim dingin di tempat yang mereka anggap paling dingin.

 

Penguin Magellanic (Spheniscus Magellanicus)

Penguin-MagellanicPenguin Magellanic memiliki ukuran kecil sampai sedang. Pengun ini mendiami pulau berbatu di lepas pantai Amerika Selatan. Penguin ini memiliki hubungan dekat dengan penguin Afrika, penguin Galapagos, penguin Humboldt. Penguin Magellacin merupakan spesies yang popilasinya masih sangat banyak untuk saat ini.

Penguin Jambul/Crested Penguin (Eudyptes Robustus)

Penguin-MacroniPenguin Jambul merupakan spesies penguin berukuran sedang yang hidup di sepanjang pantai Selandia Baru. Dinamakan penguin jambul karena terdapat bulu kuning mencolok yang terdapat di atas mata. Penguin Jambul menghuni hutan hujan tropis yang lebat di sepanjang pantai Fiordland, yang merupakan Pulau di wilayah selatan Selandia Baru.

Penguin Humboldt (Spheniscus Humboldti)

Penguin-HumboldtPenguin Humboldt (Spheniscus Humboldti) adalah spesies penguin berukuran menengah yang ditemukan berkembang biak di pantai Amerika Selatan. Penguin Humboldt mirip hubungan yang erat spesies penguin Afrika, penguin Magellan dan penguin Galapagos.

 

Penguin Macaroni (Eudyptes Chrysolophus)

Penguin-JambulPenguin Macaroni (Eudyptes Chrysolophus) merupakan spesies penguin berukuran besar yang ditemukan di daerah Sub-Antartika. Penguin Makaroni adalah salah satu dari enam spesies penguin Jambul yang memiliki hubungan dekat dengan penguin Raja (Royal Penguin), bahkan beberapa orang menanggap kedua spesies penguin tersebut adalah sama.

Penguin Kecil/Fairy Penguin (Eudyptula Minor)

Penguin-KecilPenguin Kecil/Fairy Penguin (Eudyptula Minor) merupakan spesies penguin terkecil di dunia, dengan rata-rata tingginya hanya mecapai 50 cm. Penguin kecil memiliki sejumlah nama-nama umum lainnya termasuk penguin Peri, penguin Biru Kecil atau penguin Biru. Penguin Kecil adalah salah satu dari beberapa spesies penguin yang ditemukan dibagian utara Samudera Antartika, sebagian kecil ditemukan menghuni garis pantai berbatu Selandia Baru, Tasmania dan bagian selatan Australia.

Penguin-Mata-KuningPenguin Mata Kuning (Megadyptes Antipodes) salah satu spesies penguin yang ditemukan di bagian utara dari Samudera Antartika. Dan seperti namanya, penguin jenis mudah idenitfied oleh mata yang berwarna kuning dan garis kuning cerah yang membentang dari mata sampai ke belakang kepala penguin tersebut. Penguin bermata kuning ditemukan di lepas pantai pulau Selandia Baru bagian selatan di mana spesies ini berkumpul di koloni di sepanjang pantai dan daratan batu.

Rockhopper Penguin (Eudyptes Chrysocome)

Rockhopper-PenguinRockhopper Penguin (Eudyptes Chrysocome) merupakan jenis penguin yang suka melompat-lompat di daratan berbatu. Jenis penguin ini lebih senang melompat dari dan meluncur dengan perut mereka seperti halnya jenis penguin lainnya. Ada tiga spesies yang berbeda dari penguin Rockhopper yaitu penguin Rockhopper Barat, penguin Rockhopper Timur dan penguin Rockhopper Utara. Rockhopper penguin ditemukan di seluruh sub-Antartika dan di wilayah bagian selatan Samudra Hindia serta Pasifik.

Penguin Raja/Royal Penguin (Eudyptes Schlegeli)

Royal-PenguinPenguin Raja/Royal Penguin (Eudyptes Schlegeli) merupakan spesies penguin berukuran besar. Penguin Raja ditemukan menghuni perairan beku yang mengelilingi benua Antartika. Penguin Raja terkenal karena bulu kuningnya yang tumbuh dari dahi ke belakang kepala. Seperti spesies penguin lainnya, penguin Raja juga menghabiskan sebagian besar hidup mereka berburu di laut dan biasanya ditemukan di perairan yang kaya nutrisi yang mengelilingi Antartika.

baca juga :