Pengertian Flora Dan Fauna Di Indonesia Beserta Contohnya

Pengertian Flora Dan Fauna Di Indonesia Beserta Contohnya – Secara sederhananya, flora adalah tumbuhan sedangkan fauna adalah hewan. Tapi menurut pengertian umum, yang dimaksud dengan flora ialah keseluruhan jenis tumbuhan yang ada di muka bumi, dan fauna merupakan keseluruhan jenis hewan yang ada di bumi.

Baca juga : Kukang Jawa

Indonesia merupakan negara yang dianugerahi flora dan fauna yang sangat beragam. Beragam flora dan fauna tersebut memiliki tempat tinggal yang beragam, mulai di darat, dilaut maupun di udara. Pembahasan tentang flora dan fauna akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini.

FLORA

Kata FLORA berasal dari istilah yang berasal dari bahasa latin “YAITA” yaitu nama dewi pelindung bunga serta taman dan merupakan dewi kesuburan dalam ilmu Mitologi Romawi. Flora diartikan sebagai tanaman maupun sekelompok tanaman. Terdapat pula jenis flora endemik, yaitu jenis tanaman yang hanya dapat tumbuh pada wilayah tertentu. misalnya Flora Jawa contoh flora jawa adalah melati , Flora endemik sumatera contohnya bunga bangkai (raflesia arnoldi) dan jenis flora endemik lainnya.

Contoh Flora endemik di Indonesia

– Nepenthes clipeata (kantong semar) Flora endemik di Kalimantan Barat
– Pometia pinnata (Matoa) Flora Endemik di Papua
– Parashorea aptera (sejenis meranti) Flora Endemik di Sumatera
– Rafflesia arnoldii (Rafflesia atau Patma Raksasa) Flora Endemik di Sumatera
– Piper ornatum (Celebes Pepper / Sirih Merah) Flora Endemik Sulawesi

FAUNA

Sama seperti FLORA, Istilah FAUNA juga berasal dari bahasa latin yang berarti alam hewan. Pada fauna terdapat juga jenis fauna endemik, fauna endemik berati semua jenis hewan yang hanya hidup dan tinggal diwilayah tertentu. Contoh fauna endemik di kepulauan jawa adalah badak bercula satu, Fauna endemik sumatera yaitu Harimau Sumatera, Fauna endemik di Papua yaitu burung cendrawasih. dan sebagainya.

Contoh Fauna Endemik Di Indonesia

– Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) Fauna Endemik Sulawesi
– Burung Elang Flores (Spizaetus floris) Fauna Endemik Flores
– Burung Cendrawasih ( Paradisaeidae) Fauna Endemik Papua

You May Also Like