Orang Utan

Orang Utan –¬†Orang Utan atau Orangutan atau nama lainnya adalah mawas adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerehan atau kecokelatan yang hidup di hutan tropika Indonesia maupun malaysia,Khususnya pulai sumatera dan pulau kalimantan di indonesia.

Istilah orang utan diambil bahasa melayu, yaitu orang yang berarti “Manusia” dan “Utan” yang berarti hutan. Orang utan mencakup dua sub spesies yaitu orang utan sumatera(pongo abelli) dan orang utan kalimantan(borneo)(pongo pygmaeus).

Ciri-ciri orang utan adalah mereka memiliki tubuh yang gemuk dan besar, berleher besar dan lengan yang panjang serta kuat, dengan kaki yang pendek dan tertunduk, serta tidak memiliki ekor. Mereka memiliki tinggi sekitar 1,25 – 1,5 meter. Mereka memiliki kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi. Telapak tangan mereka mempunyai 4 jari-jari panjang ditambah 1 ibu jari. Sama halnya dengan telapak tangan, telapak kaki mereka juga mempunya 4 jari-jari yang panjang dan 1 ibu jari. Sangat mirip dengan jari yang dimiliki manusia. Orang utan termasuk dalam spesies kera besar seperti gorilla dan simpanse. Golongan kera besar dalam klasifikasi mamalia. Memiliki otak yang besar, mata yang mengarah kedepan, serta tangan yang dapat melakukan genggaman.

Orangutan termasuk hewan yang bervertebrata atau yang biasa dikenal memiliki tulang belakang. Ada beberapa jenis orang utan yaitu :

  • Orang utan kalimantan(borneo)
  • orang utan sumatera(pongo abelli)

Keberadaan orang utan diketahui sudah ada sejak 1.1 sampai 2.3 juta tahun yang lalu. Orang utan dapat ditemukan di wilayah hutan hujan tropis yaitu di pulau borneo dan sumatera serta di negara malaysia. Mereka biasa tinggal dipepohonan lebat dan membuat sarang yang terbuat dari dedaunan.

Orang utan termasuk dalam kategori hewan omnivora, walaupun termasuk hewan omnivora mereka juga memakan buah-buahan , kulit pohon , dedaunan , hingga jenis serangga. Selain itu mereka juga memakan madu dan jamur. Serta makanan kesukaan mereka adalah buah Durian, walaupun aromanya tajam tetapi mereka tetap menyukainya.

Orang utan sumatera telah masuk dalam klasifikasi Critically Endangered dalam daftar IUCN. Populasinya menurun drastis dari tahun ketahunan. Secara historis, orang utan ditemukan di kawasan hutan lintas sumatera , tetapi sekarang terbatas. Orang utan hanya dapat ditemukan di beberapa tempat pada provinsi sumatera utara dan provinsi aceh. Penyebab utama berkurangnya orang utan adalah habitat dan perdagangan hewan. Orang utan memegang peranan penting bagi regenerasi hutan melalui buah-buahan dan biji-bijian yang mereka makan. Membantu menjaga orang utan merupakan dasar kesejahteraan bagi semua makhluk hidup di planet ini. Karena turut menyelamatkan manusia, burung , reptil , amfibi , seranggan dan berbagai macam spesies tumbuhan di hutan indonesia.

 

baca juga :
kantong semar
kanguru pohon wondiwoi
saola (Pseudoryx nghetinhensis)
ikan lele (Clarias Sp)
Elang Bondol ( Haliastur indus)
Bekantan ( Nasalis Larvatus)
Jenis – Jenis Leopard Gecko
Ular Terbesar yang pernah ditemukan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *