Manfaat Tumbuhan Mengkudu Untuk Kesehatan & Pengobatan

Manfaat Tumbuhan Mengkudu Untuk Kesehatan & Pengobatan

Mengkudu memiliki nama latin Morinda Citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Mengkudu merupakan tumbuhan asli dari Indonesia yang memiliki manfat besar untuk kesehatan dan memberikan pengobatan pada penyakit tertentu.

Mengkudu memang memiliki bau yang tidak sedap, hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan zat yang berada didalamnya antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Tumbunan ini mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8m. Daunnya bersusun berhadapan. Panjang daun 20-40 cm serta lebarnya 7-15 cm. Mengkudu juga memiliki buah bongkol bewarna putih dengan variasi totol-totol dan ketika sudah tua bunganya berubah menjadi bintik kehitaman.

Tumbunan yang memiliki banyak manfaat ini dianggap sebagai barang keramat. Mereka menyebutnya sebagai Hawaii Magic Plant, karena buah ini dipercaya bias mengobati berbagai macam penyakit. Pada masa sekarang Tumbuhan Mengkudu lebih familiar dikenal dengan sebutan Noni.

Penyakit yang dapat diobati :

  1. Hipertensi
    Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang sudah dimasak dan berikan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.
  2. Sakit Kuning
    Bahan yang diperlukan untuk menyembuhkan sakit kuning adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.
  3. Demam, Masuk Angin dan Influenza
    Hanya dengan 1 resep bisa menyembuhkan 3 penyakit sekaligus caranya dengan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.
  4. Batuk
    Jika ada masalah dengan batuk kering atau batuh berdahak, bisa mencoba dengan ramuan tanaman mengkudu yaitu dengan 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.
  5. Sakit Perut
    Sangatlah menggangu jika sedang bekerja atau aktivitas seharian diluar hanya terganggu dengan sakit perut atau perut sembeli. Dapat diatasi dengan cara mengambil kurang lebih 2-3 lembar daun mengkudu, setelah itu dicuci bersih kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.
  6. Mengatasi Kulit Bersisik
    Salah satu yang paling berkasiat yaitu untuk kecantikan. Tumbuhan buah mengkudu ini dapat memberikan perawatan pada kulit atau menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *