Manfaat Salak Condet , Flora Asal jakarta Yang Terlupakan

Buah Salak Condet – Buahnya agak sulit dibedakan dengan jenis salak yang lain. Bentuk buahnya bulat telur terbalik mengarah ke bulat. Kulit buahnya bersisik agar besar dan berwarna cokelat sampai kethitaman. Daging buahnya tebal , masir , kesat dan tak berair serta berwarna putih kekuningan. Rasanya bervariasi , dari kurang manis sampai manis. Salah satu keistimewaan salak jenis ini adalah aromanya yang wangi. Bahkan , harum salah ini sudah tercium dari jarak sekitar 2 m. Ukuran buahnya bervariasi dari kecil , sedang , samapi besar. Produktivitasnya termasuk rendah.

Salah ini tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 meter diatas permukaan laut dengan tipe iklim basah. Tipe tanah podsolik dan regosol atau latosol disenangi oleh tanaman salah. Lingkungan yang dikehendaki mempunyai pH5-7 , curah hujan 1500 – 3000 mm per tahun dengan musim kering antara 4-6 bulan. Pada kondisi lingkungan yang sesuai , tanaman mulai berbuah pada umut tiga tahun. Tanaman salah muda lebih senang hidup di tempat teduh atau dibawah naungan. Oleh karena itu , umumnya salah ditanam dibawah tanaman duku , durian , atau pohon jinjing atau sengon.

Selain itu salak condet juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat , antara lain yang telah kami rangkum dibawha ini :

– Bermanfaat sebagai obat diare
Bagi sobat pembaca yang sering mengalami diare, buah salak ini ternyata memiliki manfaat sebagai obat diare, sehingga membantu untuk menghentikan diare tanpa harus meminum obat.

Zat Tannin yang ada di dalam buah ini mempunyai khasiat sebagai anti diare.

– Menjaga kesehatan Mata
Buah ini memiliki zat betakaroten yang bisa membantu kesehatan mata. Mata yang sehat merupakan impian bagi setiap orang, banyak orang yang ingin mempunyai mata yang sehat adalah dengan cara mengkonsumsi jus wortel.

Tetapi banyak dari mereka yang tidak menyukai rasa dari jus wortel, maka sekarang ini mulai bisa menjaga kesehatan mata dengan cara mengkonsumsi buah salak ini.

– Membantu Proses Diet
Buah ini tak disangka bisa membantu program diet bagi Anda yang ingin berat badan Anda turun. Zat fitonutrien dalam buah ini bisa membantu program diet.

Serat yang terkandung dalam buah salak ini akan membantu Anda untuk cepat merasa kenyang sehingga bisa membantu program diet menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

– Membantu untuk kecerdasan otak
Manfaat buah salak ini adalah untuk membantu kecerdasan otak, karena buah ini mempunyai kandungan zat pottasium dan pektin.

Pottasium memiliki khasiat untuk sistem saraf atau sebagai pengendali denyut jantung dan menambah fungsi otak. Zat pektin sendiri memiliki khasiat sebagai pencegah dan obat bagi penyakit kanker prostat.

– Membantu mengurangi rabun jauh
Pasti sobat pembaca merasa aneh bahwa manfaat buah salak bisa untuk membantu mengurangi rabun jauh yang diderita oleh seseorang.

Karena buah ini mempunyai kandungan Vitamin A yang sangat tinggi yang mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan mata Anda.

– Baik untuk wanita Hamil
Buah ini memiliki khasiat sebagai pengurang rasa mual yang dialami oleh kebanyakan ibu hamil ketika hamil muda.

Caranya dengan mengkonsumsi buah ini secukupnya saja, hal ini terbukti pada ibu hamil yang sudah mengalaminya, dan juga membantu lidah dan kerongkongan tidak pahit.

– Bermanfaat Untuk Penyakit Diabetes
Tak hanya buahnya yang bermanfaat ternyata kulit dari buah ini memiliki khasiat untuk obat diabetes. Yaitu dengan cara membersihkan kulitnya dan merebusnya dengan 1 liter air menggunakan api kecil hingga mendidih.

Lalu airnya disaring dan diminum, maka kulit dari buah salak ini membantu pengobatan diare bagi para penderitanya dan kulit yang sudah dipakai untuk merebus tidak bisa dipergunakan kembali.

– Bermanfaat Untuk Penyakit Ambeyen
Kali ini tak hanya buah dan kulitnya yang mempunyai manfaat sebagai penyembuhan penyakit. Daun salak juga terbukti bisa dipergunakan sebagai penyembuhan penyakit Ambeyen.

Dengan cara membersihkan daunnya hingga benar-benar bersih, rebus daun salak, tiga lembar daun salak untuk segelas air atau sekitar 200 cc. Setelah itu saring dan masukan gula merah, minum hangat-hangat 2 kali sehari.

– Memperlancar BAB
Kulit ari yang terdapat di buah salak mengandung serat yang dapat membantu proses BAB yang kurang lancar.

Bagi yang mempunyai masalah semebeli atau BAB kurang lancar bisa mengkonsumsi salah dengan cara tidak membuang kulit ari yang ada pada daing buah ini.

– Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Antioksidan yang ada di buah ini mampu menjaga daya tahan tubuh seseorang sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit seperti flu karena memiliki vitamin C yang berkhasiat sebagai pencegah penyakit.

You May Also Like