Manfaat Flora asal Yogyakarta , buah kepel

Buah Kepel – Buah kepel yang merupakan flora khas Yogyakarta ini memiliki nama lain buah Burahol. Dari luar , buah ini tampak seperti buah sawo namun sedikit lebih besar. Daging buahnya berwarna kuning dengan biji yang berwarna coklat. Buah yang satu ini sering dikonsumsi secara langsung tanpa diolah karena kesegarannya yang lebih bisa dirasakan jika dimakan langsung daging buahnya.

Buah yang mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap untuk tubuh. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral , termasuk flavonoid dan juga polifenol. Selain sebagai buah favorit pada zaman keraton Yogyakarta terdahulu , buah kepel sudah juga diteliti sebagai buah yang menunjang kesehatan.

Berikut ini adalah khasiat dari buah kepel untuk kesehatan maupun kehidupan sehari – hari yang telah kita rangkum , antara lain :

– Obat Radang Ginjal
Khasiat kepel yang pertama yaitu sebagai obat untuk meredakan radang ginjal. Organ tubuh pun juga bisa mengalami peradangan, termasuk ginjal. Makanlah buah ini secara teratur untuk membuat ginjal Anda sehat kembali.

– Meringankan Penyakit asam urat
Manfaat kepel yang terkenal yaitu sebagai obat yang bisa meringankan penyakit asam urat. Hal ini karena buah yang satu ini punya kandungan nutrisi lengkap yang dapat membuat asam urat Anda sedikit terobati. Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter sambil rutin memakan buah ini.

– Menyehatkan saluran Kemih
Khasiat kepel juga bisa menjadi makanan yang berguna untuk menyehatkan saluran kemih. Saluran kemih adalah salah satu saluran pembuangan yang punya potensi besar untuk terkena bakteri penyakit. Itulah kenapa Anda perlu mengonsumsi buah ini untuk membersihkan saluran kemih tubuh Anda.

– Mengatasi Bau Mulut
Manfaat kepel yang segar adalah mengatasi bau mulut Anda. Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kebiasaan makan Anda dalam memakan jenis makanan tertentu. Buah ini akan mengatasi bau mulut Anda yang tidak sedap.

– Mencegah peradangan
Selain radang pada ginjal , buah ini juga berkaitan dengan peradangan yaitu mencegah timbulnya peradangan pada bagian tubuh tertentu , seperti mulut. Konsumsilah buah ini dengan rutin untuk mencegah peradangan yang menganggu kesehatan.

– Pencegah Dehidrasi
Manfaat kepel untuk tubuh selanjutnya yaitu menjadi buah yang mencegah dehidrasi. Dehidrasi adalah dimana Anda kekurangan cairan tubuh yang bisa berakibat fatal. Buatlah jus buah yang terbuah dari kepel agar Anda bisa terhindar dari dehidrasi.

– Anti Oksidan
Khasiat kepel yang bermanfaat selanjutnya yaitu sebagai buah sekaligus makanan anti oksidan. Buah dengan fungsi anti oksidan akan membantu tubuh Anda mencegah bahaya radikal bebas yang mengancam kesehatan badan.

– Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah kepel juga mampu membuat daya tahan tubuh Anda menjadi meningkat. Buah ini akan menambah kemampuan tubuh Anda dalam mengusir berbagai gejala menyangkit yang akan menyerang tubuh.

– Sumber Energi
Selain makanan utama, Anda bisa membuat buah kepel sebagai tambahan untuk sumber energy tubuh. Buah ini akan memberikan nutrisi dan gizi yang cukup agar Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

– Cocok Untuk Diet
Jangan sia-siakan buah kepel yang sehat ini. Tambahkanlah sebagai menu makanan sehat untuk diet yang berhasil. Jangan lupa untuk selalu olahraga dan istirahat yang cukup dibarengi dengan konsumsi buah ini.

You May Also Like