Manfaat Daun Sirih Khas Kepulauan Riau

Manfaat Daun Sirih Khas Kepulauan Riau

Manfaat Daun Sirih Khas Kepulauan Riau

Manfaat Daun Sirih Khas Kepulauan Riau – Sirih ialah tumbuhan khas ataupun Flora Bukti diri provinsi Kepulauan Riau. Tumbuhan yang konon asli Indonesia serta berkembang merambat pada batang tumbuhan lain ini diresmikan bagaikan maskot( bukti diri) provinsi kepulauan ini.

Sirih yang dalam bahasa latin( ilmiah) diucap Piper betle, semenjak dulu sudah dimanfaatkan oleh warga paling utama dengan mengunyah daun ataupun buahnya bersama gambir, pinang, serta kapur.

Tidak hanya itu, nyatanya sirih memiliki bermacam manfaat serta khasiat paling utama bagaikan obat- obatan herbal. Bermacam penyakit mulai batuk, sariawan, sakit mata, eksim, bau mulut, sampai keputihan, sakit jantung, serta sifilis bisa diatasi dengan daun serta buah sirih.

Tumbuhan yang di Jawa diucap pula bagaikan suruh ataupun Sedah sebaliknya di Sunda sering dinamai seureuh tercantum tipe tanaman merambat serta bersandar pada batang tumbuhan lain. Tumbuhan sirih( Piper betle) panjangnya sanggup menggapai puluhan m.

Wujud daun sirih pipih menyamai jantung serta tangkainya agak panjang. Permukaan daun bercorak hijau serta licin, sebaliknya batang pohonnya bercorak hijau agak kecoklatan dengan permukaan kulitnya yang agresif serta berkerut- kerut.

Buah sirih( Piper betle) ialah buah buni yang berupa bundar bercorak hijau keabu- abuan. Akarnya tunggang, bundar serta bercorak coklat kekuningan.

Tumbuhan sirih berkembang tersebar diberbagai negeri di kawasan Asia Selatan serta Asia Tenggara. Tidak hanya di Indonesia sirih ditemukan berkembang pula di India, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja apalagi sampai ke Papua New Guinea.

Baca Artikel Lainnya : Persebaran Flora Dan Fauna

Isi serta Khasiat Sirih. Minyak atsiri dari daun sirih mempunyai isi minyak terbang( betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula serta zat samak serta kavikol yang mempunyai energi antioksidasi( mematikan bakteri) serta fungisida( anti jamur).

Tidak hanya itu sirih pula memiliki bahan aktif fenol serta kavikol daun sirih hutan pula bisa dimanfaatkan bagaikan pestisida nabati buat mengatur hama penghisap.

Sirih pula memiliki khasiat buat melenyapkan bau tubuh yang ditimbulkan kuman serta cendawan. Daun sirih pula bertabiat menahan perdarahan, mengobati cedera pada kulit, serta kendala saluran pencernaan. Tidak hanya itu pula bertabiat mengerutkan, menghasilkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, serta menghentikan perdarahan.

Bermacam penyakit serta kendala kesehatan yang bisa diatasi dengan menggunakan manfaat sirih( Piper betle) antara sakit mata, eksim, bau mulut, kulit gatal, melenyapkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronkhitis, asma, batuk, sariawan, cedera, keputihan, haid tidak mudah, penciptaan ASI yang kelewatan, sakit jantung, sifilis, alergi, diare, serta sakit gigi.

Memandang bermacam khasiat tersebut sangat pas bila setelah itu sirih diseleksi bagaikan flora bukti diri provinsi Kepulauan Riau. Bisa jadi diantara sobat terdapat yang sempat menggunakan sirih?

Klasifikasi Ilmiah: Kerajaan: Plantae; Ordo: Piperales; Famili: Piperaceae; Genus: Piper; Spesies: Piper betle. Persamaan kata(sinonim): Chavica auriculata Miq. serta Artanthe hixagona.

Manfaat dari tanaman hijau yang menjalar dan masuk ke dalam keluarga piperaceae ini , antara lain :

– Mengobati Penyakit asma
– Menyembuhkan Radang Tenggorokkan
– Mengobati batuk
– Mengobati penyakit bronchitis
– Obat Luka Bakar Ringan
– Mengobati demam berdarah
– Menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata
– Melancarkan haid
– Mengatasi masalah keputihan
– Menghilangkan bau mulut
– Obat penyakit jantung
– Membersikan kuman dari mulut
– Obat Gusi Berdarah
– Mengobati Sakit gusi dan sariawan
– Menghilangkan bau badan
– Menghilangkan keringat berlebih
– Obat untuk payudara yang membengkak
– Mengurangi produksi ASI yang berlebih
– Ramuan setelah melahirkan
– Mengobati alergi yang menimbulkan gatal – gatal
– Obat asam urat
– Mengobati diare
– Obat mimisan
– Mengobati gigi berlubang
– Sebagai obat maag
– Obat radang paru – paru

Selain untuk kesehatan , daun sirih juga bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari yang bermanfaat untuk kecantikan. Berikut ini manfaat daun sirih dalam bidang kecantikan , antara lain :
– Menghaluskan kulit
– Menghilangkan jerawat
– Mencegah penuaan dini
– Mencegah munculnya jerawat

Author: jordan smith