Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan & Kecantikan

Bunga Kamboja memiliki bahasa latin yaitu Plumeria dan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico. Sedangkan Bunga Kamboja putih dengan bagian dalam warna kuning merupakan Kamboja asli dari Indonesia. Bunga ini tidak memiliki hubungan sama sekali dengan Negara Kamboja.

Bunga kamboja juga terkenal sebagai tanaman hias karena mempunyai ciri yang menyebarkan wangi yang kas, sama seperti bunga melati dan bunga kenanga. Para pecinta flora di Indonesia, banyak yang menggunakan bunga kamboja sebagai pelengkap atau penghias.

Selain itu, Bunga kamboja sangat berguna sebagai obat-obatan. Bunga Kamboja mengandung berbagai zat-zat bersifat  antipiretik (menurunkan demam), antiinflarnatif (mengatasi radang), dan analgesik (meredakan rasa sakit). Karena kandungan-kandungan inilah, bunga kamboja berguna untuk mengurangi nyeri haid dan mencegah pingsan akibat udara panas atau terkena sinar matahari (heat stroke).

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat yaitu pada bagian akar, daun, getah serta kulit pohonnya. Getah Pohon Kamboja (Plumeria Acuminata) mengandung seperti sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk dan damar. Kandungan minyak mrnguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farnesol dan fenetilalkohol.

Berikut ini beberapa pengobatan yang dapat dipulihkan dengan Bunga Kamboja :

  1. Sakit Bisul
    Ada 2 cara penyembuhan menggunakan Bunga Kamboja. Yang pertama dapat dilakukan dengan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan serta diolesi dengan minyak kelapa yang sudah tersedia lalu tempelkan pada bagian tubuh yang ada bisulnya. Cara kedua yaitu dengan getah pohon kamboja, lebih praktis, dengan mengoleskan getah pohon kamboja pada bagian yang ditumbuhi bisul.
  2. Bengkak
    Cara mengatasi bagian tubuh yang bengkak akibat sengatan kutu atau nyamuk bisa dengan kulit pohon kamboja. Ambil 1 sirap kulit pohon kamboja kemudian tumbuk dengan halus. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Rendam bagian tubuh yang bengkak dengan air yang sudah dicampur dengan kulit pohon kamboja atau bisa dengan cara dikompres dengan handuk.
  3. Patek, Puru (Frambusia)
    Frambusia merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menakutkan karena dapat menular dengan cara berpindah dari orang sakit Frambusia kepada orang sehat. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menyiapkan 2 sirap Kulit Kamboja , ditumbuk sampai halus dan dimasak dengan air mendidih, kemudian digosokkan ke bagian tubuh yang terluka secara rutin.
  4. Kencing Nanah (Gonorrhea)
    Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri, untuk dapat menyembuhkannya dengan akar pohon kamboja. Rebus dengan air, lalu minum sehari 1x dalam cangkir.
  5. Sakit Gigi Berlubang
    Jika mengalami sakit gigi berlubang dapat diatasi dengan getah pohon kamboja. Gunakanlah kapas yang sudah dioles getah dari pohon kamboja untuk menutupi gigi yang berlubang.
  6. Tahi Lalat
    Jika anda mengalami tahi lalat yang mengganggu dapat juga diatasi dengan getah pohon kamboja. Caranya, ambil getah kamboja menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat hilang dengan sendirinya.
  7. Kutil
    Cara penyembuhan kutil sama dengan tahi lalat hanya saja untuk kutil harus disembuhkan dengan cara rutin dan bertahap.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *