Manfaat Buah Cempedak

Buah Cempedak – Buah yang merupakan buah yang memiliki penampakan yang hampir sama dengan buah nangka ini , memiliki bentuknya yang agak lonjong dan panjang. Buah ini berwarna hijau pada bagian kulitnya dan kuning untuk daging buahnya. Selain lezat untuk dikonsumsi ternyata buah cempedak menyimpan banyak khasiat.

Khasiat cempedak didukung oleh banyaknya vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Contohnya adalah vitamin C , vitamin A , energy , protein , kalsium , fosfor , zat besi , lemat , vitamin B1 , air , escobic , bioflavonoid , dan juga enzim. Semua kandungan gizi tersebut membuat buah yang satu ini menjadi buah yang berhaga untuk kesehatan.

Berikut ini merupakan manfaat dari buah cempedak yang sudah kami rangkum , antara lain :

– Membuat mata sehat

Mata yang sehat akan membuat pandangan anda lebih jelas dan jernih. maka untuk menyehatkan mata kita harus sering mengonsumsi buah ini karena kandungan vitamin A yang ada dalam buah ini membuat mata anda tercegah dari minus.

– Makanan bergizi

Manfaat cempedak dengan semua kandungan gizi tersebut membuat buah ini menjadi sumber makanan bergizi yang baik untuk tubuh. Rasanya yang enak akan semakin disukai , terutama bagi anak – anak yang sulit memakan sayuran. Agar lebih lezat , buatlah jus atau selai dari buah cempedak untuk dikonsumsi sehari – hari.

– Mengatasi kolesterol

Kolestrol terbagi menjadi dua yaitu kolestrol baik dan kolestrol jahat. Kolestrol jahat biasanya akan menyerang peredaran darah anda , sehingga aliran darah ke organ tubuh akan tersumbat. Manfaat cempedak untuk kolestrol adalah menjinakkan kolestrol jahat yang ada di peredaran darah yang ada di tubuh anda sehingga lancar.

– Mengatasi tumor

Khasiat cempedak sebagai pereda tumor didominasi oleh kandungan bioflavonoid yang bisa mengatasi tumor. Gejala tumor dalam tubuh anda akan diatasi oleh kandungan tersebut , namun tetap anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter untuk lebih lanjut.

– Mengobati malaria

Senyawa enzim dan juga bioflavonoid yang ada dalam buah cempedak sangat bagus dikonsumsi untuk penderita penyakit malaria. Khasiat cempedak ini akan mengobati malaria dengan bertahap asalkan rajin dalam mengonsumsinya.

– Menyingkirkan parasit

Parasit sama seperti bakteri dan virus , yaitu menginfeksi tubuh dengan berbagai macam gejala penyakit. Manfaat cempedak untuk tubuh bisa menyingkirkan parasit yang menganggu sistem kesehatan tubuh. Tubuh yang bebas parasit akan membuatnya terbebas juga dari penyakit.

– Menyehatkan pencernaan

Vitamin dan mineral juga serat dalam buah cempedak akan membuat pencernaan anda lebih sehat. Organ pencernaan anda akan berfungsi lebih baik , sehingga proses pencernaan makanan pun berjalan lancar.

– Asupan air untuk tubuh

Buah cempedak adalah buah yang terdiri dari kandungan air yang cukup banyak. Jika Anda dehidrasi, maka meminum jus buah ini akan mengatasi dehidrasi tersebut. Kekurangan air bisa sangat berbahaya bagi tubuh, karena Anda akan mudah lelah dan tidak bertenaga.

– Membuat tubuh langsing
Buah cempedak bisa membuat Anda cukup kenyang, sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar. Itulah kenapa buah ini bisa dijadikan makanan yang bermanfaat untuk melangsingkan tubuh serta menyehatkannya.
1
– Meningkatkan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang tinggi tentunya akan lebih membuat badan Anda sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Konsumsilah buah cempedak dengan teratur agar sistem imun Anda meningkat dengan baik.

You May Also Like