Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan – Pulau Kalimantan salah satu pulau terbesar di Indonesia ini banyak sekali memiliki kekayaan flora dan fauna yang merupakan endemik dari pulau ini. Salah satu nya Kuau Kerdil ini merupakan jenis burung yang memiliki nama latin Polyplectron schleiermacheri atau biasanya kita ketahui sebagai burung merak kecil.

Kuau kerdil Kalimantan adalah jenis kuau kerdil berukuran sedang yang habitatnya di hutan hujan dataran rendah Pulau Kalimantan. Kuau ini termasuk jenis kuau merak yang paling langka dan sudah jarang ditemui. Hewan ini masih berkerabat dengan kuau – kerdil Malaya dan Palawan. Hewan yang termasuk kedalam kerajaan Animali dan family dari Phasiandae ini bercirikan ukuran tubuh nya maksimal dapat tumbuh hingga 50 cm dengan motif bintik-bintik pada tubuhnya, Terdapat bintik berwarna metalik pada sayap dan ekornya. Ukuran tubuh jantan lebih besar dari pada ukuran tubuh betina. Kuau kerdil jantan memiliki ciri jambul hijau metalik, dada hijau keunguan mengkilap pada bagian tenggorokan dan bercak dada berwarna putih. Sedangkan betina warnaya lebih suram dan lebih biru, tapi semua burung kuau kerdil kalimantan pada bagian pipi dan tenggorakan kuning pucat, kontras dengan bulu lainnya.

Burung Kuau Kerdil kalimantan merupakan jenis endemik Kalimantan yang sangat langka. Keberadaanya sulit untuk ditemui. Hanya di temui di tempat-tempat yang terpencar di hutan dataran rendah sampai ketinggian 1.100 meter, hidup di hutan primer. Bertengger dipohon, tetapi berjalan diam-diam di lantai hutan sepanjang siang. Jantan bersuara serta memainkan sayap dan ekornya, tetapi tidak punya tempat menetap.

Hilangnya habitat, degradasi serta fragmentasi lahan, ditambah dengan 25% dari total luas hutan di Kalimantan rusak dikarenakan kebakaran hutan juga kegiatan perburuan mengakibatkan populasi Kuau-Kerdil Kalimantan jadi menurun. Rendahnya tingkat pendidikan, pengetahuan, serta kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kawasan konservasi dan juga tingginya ketergantungan masyarakat pada kawasan sekitar kawaasan. Salah satu usaha nyata yang sudah dilakukan oleh pemerintah dengan memasukan satwa ini kategori satwa yang di lindungi. Dengan demikian semakin menyadarkan masyarakat akan keberadaan burung cantik yang sudah mulai langka di temui.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *