Kantong Semar

Kantong Semar

 

Kantong Semar Bunga Kantong Semar adalah salah satu bunga unik yang banyak sekali dikagumi oleh orang. Tumbuhan ini banyak tumbuh di wilayah Indonesia, Srilangka, India, Australia, dan Madagaskas.

Biasanya tanaman kantong semar dapat mencapai tinggi hingga 30 meter dan merambat, namun beberapa spesies memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri dengan penampakan fisik tanamannya. Terdapat salur berbentuk unik yang ada di ujung daun. Salur ini digunakan untuk menangkap mangsa yang akan menjadi santapannya. Tanaman ini sangat unik karena menangkap jenis serangga, kodok, atau pacat sebagai makannya.

Bunga kantong semar mempunyai 3 wujud kantong, yaitu kantong roset, kantong bawah dan kantong atas. Kantong atas biasanya dimiliki oleh kantong semar yang berusia dewasa yang biasanya berbentuk silinder, tidak bersayap, tidak menarik dan kantong ini biasanya menangkap hewan yang terbang seperti lalat atau serangga lain yang terbang. Begitupun kantong lain yang serupa dan sama tugasnya.

Penyebaran tanaman ini sangat luas mulai dari tepi pantai sampai dengan dataran tinggi. Hal ini bisa terjadi karena tanaman ini memang mempunyai 2 type tanaman yang mana bisa tumbuh di dataran tinggi atau rendah dengan tanaman yang mempunyai klasifikasi masing masing.

Ternyata, tanaman kantong semar atau yang sering di kenal juga sebagai tropical pitcher plant dalam bhs Inggris ini mempunyai banyak manfaat juga untuk manusia. Apapun manfaat dari tanaman kantong semar yang termasuk juga ke salah satu satwa langka ini? di bawah ini adalah sebagian manfaat kantong semar :

1. Sebagai tanaman hias
Manfaat pertama dari tanaman kantong semar, meskipun tidak umum adalah sebagai salah satu tanaman hias. Ya, bentuk dari tanaman kantong semar yang unik serta menarik ini dapat menyebabkan kenikmatan sendiri untuk mereka yang memliharanya juga sebagai tanaman hias. Kantong semar dapat menaikkan pesona pekarangan rumah anda, karena mempunyai bentuk yang sangatlah unik, dan juga dapat membuat cantik halaman rumah anda.
Walau demikian, jagalah populasi kantong semar, karena tanaman kantong semar ini adalah salah satu jenis tanaman dengan spesies yang langka, sehingga harus dijaga keberadaannya, dan tidak boleh sembarangan dalam memliharanya.

2. Sebagai penangkap serangga
Untuk anda yang tinggal pada tempat yang berdekatan dengan kantong semar, atau mungkin saja anda yang memang memlihara tanaman kantong semar ini, maka lingkungan anda akan terhindar dari serangan serangga yang mengganggu, seperti nyamuk, lalat, dan juga jenis serangga yang lain. Dengan demikian, jadi anda akan merasa tambah nyaman untuk tinggal atau menetap pada tempat itu, karena kantong semar dapat menjadi salah satu pembasmi nyamuk alami.

3. Sebagai obat batuk
Manfaat yang lain dari kantong semar yaitu juga sebagai obat batuk. Ya, kantong semar ternyata dipercaya mempunyai manfaat yang sangatlah baik untuk menyembuhkan sakit batuk yang anda alami. Cara konsumsi atau memproses kantong semar untuk menyembuhkan batuk juga sangat mudah. Yang perlu anda kerjakan yaitu cukup mengambil cairan yang ada didalam kantung semar itu, lalu kemudian minumlah cairan dari dalam tanaman kantung semar itu. Hal ini bisa membantu anda untuk mengobati penyakit batuk yang anda alami. Meskipun demikian, jika anda tidak memelihara tanaman kantung semar ini, mungkin cukup sulit untuk memperoleh cairan tersebut .

4. Sebagai pengganti air minum
Untuk anda yang suka berpetualang, terlebih pergi ke daerah pegunungan maupun alam liar seperti hutan, jadi tanaman kantong semar ini akan sangatlah berguna untuk anda. jika anda terasa haus serta mungkin saja mempunyai stock air yang sedikit serta menipis, jadi anda dapat berusaha untuk mencari tanaman kantung semar di dalam perjalanan anda. cairan yang ada pada kantong semar ternyata mempunyai tingkat keasaman yang netral, sehingga sangatlah baik untuk diminum juga sebagai pengganti air minum biasa. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya dehidrasi, hingga anda dapat meneruskan perjalanan anda dengan tenang.

5. Sebagai obat sakit perut
Manfaat yang lain dari tanaman kantong semar yang mungkin saja dapat anda pakai dengan cara darurat yaitu sebagai obat sakit perut. Ya, cairan serta akar dari tanaman kantong semar juga memiliiki manfaat yang sangatlah baik untuk menyembuhkan sakit perut yang anda alami. Cairan pada tanaman kantong semar bisa membantu mengobati serta meredakan peradangan di bagian lambung, sehingga bisa membantu mengurangi gejala sakit perut pada diri anda.

6. Mengobati luka bakar
Selain bisa digunakan untuk penyembuhan luka yang ada didalam, seperti sakit perut serta obat batuk atau sakit tenggorokan, tanaman kantong semar juga mempunyai manfaat yang lain yang penting untuk tubuh, serta bagian luar tubuh. cairan dari tanaman kantong semar bisa membantu menyembuhkan luka bakar. Cairan itu berbentuk mendinginkan serta bisa mencegah terjadinya infeksi akibat dari luka bakar yang terjadi.

7. Mengobati sakit mata
Manfaat yang lain dari tanaman kantong semar yang juga baik untuk kesehatan kita adalah bisa membantu mengobati sakit mata. Jika anda mengalami sakit mata, seperti terserang iritasi serta terserang debu, lalu mata anda memerah, jadi cobalah untuk mengompres mata anda dengan memakai kombinasi air serta cairan dari tanaman kantong semar itu. Dengan lakukan cara itu, maka sakit mata anda bisa reda serta akan mengalami kesembuhan.

Itulah 7 manfaat penting dari kantong semar untuk kita semua. Meskipun bermanfaat, akan tetapi kantong semar adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk langka, sehingga pelestariannya mesti kita jaga. Apabila memungkinkan, kita harus dapat ikut melestarikan kehadiran dari kantong semar tersebut, karena merupakan salah satu jenis binatang karnivora yang sangat unik dan juga berguna.

 

baca juga :

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *