Kangguru Pohon

Kangguru Pohon

Kangguru Pohon

Papua selalu penuh misteri dengan alam dan flora dan fauna yang terdapat di dalamnya, mendengar nama kangguru pohon mungkin masing asing ditelinga kita. Selama ini yang kita tahu bahwa kangguru hewan khas dari Australia namun di Papua ada juga penyebaran kangguru walaupun secara fisik tidak sebesar kangguru Australia. Namun di Papua juga ada jenis kangguru yang hidup di atas pohon sehingga sering disebut kangguru pohon Mantel Emas atau nama latinnya Dendrolagus pulcherrimus.

Kanguru pohon pemilik cenderung sangat kikuk ketika berada di atas permukaan tanah karena ekornya yang panjang dan berat. Bagaimanpun mereka adalah spesies yang sangat lincah dan cepat ketika berada di atas pohon. Hewan endemik satu ini berkaki lebih pendek dan lebar dengan cakar panjang dan melengkung yang dapat membantu mereka bergerak cepat dan berpegangan di atas pepohonan. Kangguru pohon adalah satu-satunya marcopod yang dapat menggerakan kaki belakang secara independen ketika berjalan bersamaan secara sinkron. Ekornya yang panjang dan berat memberikan keseimbangan ketika melompat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Makanan Pokok
Dengan berat tubuh sekitar 15 – 30 pounds dan dengan gigi kecil yang dimilikinya, makanan pokok kanguru pohon adalah dedaunan, bunga, buah-buahan, ranting pohon, telur, burung kecil dan rerumputan. Mereka mempunyai kebiasaan menjilati tubuhnya sendiri guna menjaga suhu tubuhnya.

Reproduksi
Dengan rentang hidup yang bisa mencapai 20 tahun, kangguru pohon betina akan memasuki kematangan reproduksi pada usia 2,5 tahun, sedangkan jantan 4,5 tahun. Tidak ada musim khusus untuk kawin, kanguru pohon betina hanya bisa melahirkan satu joey atau bayi kanguru dalam satu tahun. Masa kehamilan kanguru pohon berlangsung selama 44 hari. Selama masa kehamilan tersebut kanguru pohon betina akan mengasingkan dirinya dari hewan lain. Bayi kanguru pohon yang baru lahir (masih seperti janin) akan tinggal di kantung induknya sampai berkembang sempurna antara 9 – 10 bulan dan menyusui sampai 3 – 4 bulan pertama semenjak lahir. Kanguru yang baru lahir akan terus bersama induknya hingga 18 bulan atau ketika dirasa sudah cukup kuat untuk menjaga diri dan mencari makan sendiri. Satwa ini merupakan spesies sub-alpin, yakni berada di daerah pegunungan bawah dengan ketinggian 2700-3500 m dpl dan vegetasi hutan basah serta memiliki banyak kanopi dengan ketinggian mencapai 10-15 m.

Kanguru-pohon Mantel-emas merupakan salah satu jenis kanguru-pohon yang paling terancam kepunahan diantara semua kanguru pohon. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya

You May Also Like