Jenis-Jenis Pepaya

Pepaya memiliki jenis yang beragam, mulai dari jenis batang, daun, rasa buah, bentuk buah. Pepaya juga memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan manusia khususnya kesehatan mata, dan sangat baik juga untuk pencernaan. Berikut jenis-jenis pepaya yang bisa ditemui di pasaran

Pepaya Bangkok

Pepaya BangkokSesuai namanya, pepaya bangkok merupakan pepaya asli Thailand yang sudah dibudidaya di Indoneisa. Pepaya ini diambil dari Thailand diawal tahun 1970-an. Pepaya ini memiliki ukuran yang sangat besar dibandingankan jenis pepaya lain. Selain besar dan berat yang mencapai 3-4 kg, pepaya ini memiliki rasa yang sangat enak, juga bisa tahan lama. Dagingnya berwarna jingga, teksturnya padat, dan tebal. Tekstur kulitnya tidak mulus seperti jenis pepaya lainnya.

Pepaya Cibinong

Pepaya-CibinongPepaya Cibinong memiliki berat rata-rata 2.5 kg. Permukaan kulitnya halus dan tak rata. Dagingnya berwarna merah-kekuningan bahkan sering berwarna orange. Untuk mengetahui pepaya sudah matang atau belum bisa dilihat dari ujung buahnya. Jika sudah kuning maka kemungkinan sudah bisa dipetik. Meski sudah matang, pepaya ini tetap saja didimonisai oleh warna hijau pada kulitnya.

Pepaya Hawai

Pepaya-HawaiSesuai namanya “Pepaya Hawai”, pepaya ini juga didatangkan dari kepualau Hawai. Pepaya ini mirip pepaya solo. Pepaya solo yang dimaskudkan adalah, pepaya yang berukuran kecil yang hanya hanya cukup untuk satu orang, atau dengan kata lain satu orang saja bisa habiskan. Beratnya 0.5 kg, memiliki bentuk agak bulat. Kalau sudah matang warna kulitnya akan berwarna kuning-orange. Sementara dagingnya berwarna kuning cerah dan dan lembek. Pepaya ini tidak bisa bertahan lama kalau sudah matang. Jadi sebaiknya dalam keadaan matang harus dihabiskan.

Pepaya California

Pepaya-CaliforniaPepaya Clifornia merupakan pepaya unggulan yang paling sering dicari. Kebanyak mall, rata-rata menjual pepaya california, karena peminatnya sangat banyak. Memiliki berat antara 500gr – 2kg. Meski ukurannya hanya sedang dan lonjong, namun harganya termasuk mahal dan dinilai lebih enak. Sesuai namanya pepaya ini didatangkan dari Amerika Tengah. Pohonnya pendek, daunnya memiliki jari yang banyak. Kulitnya tipis, dagingnya kenyal dan manis.

Pepaya Gunung / Carica

Pepaya-CaricaPepaya gunung juga disebut dengan nama Carica. jenis pepaya ini banyak ditemukan di daerah Wonosobo dan Dieng – provinswi Jawa Tengah. Jenis pepaya ini unik, karena memiliki ukuran pohon yang pendek – sedang, dan memiliki lebih dari dua cabang, juga memiliki buah yang banyak bergerombol. Carica juga sering dijadikan sebagi oleh-oleh khas Wonosobo berupa manisan.

 

Pepaya Red Lady

Pepaya Red LadySeperti namanya, pepaya red lady memiliki buah dengan kulita yang berwarna hijau, namun daging dalamnya dalamnya berwarna merah-jingga yang sangat indah. Untuk jenis pepaya red lady ini memiliki bentuk ukuran yang agak besar dan juga tentunya memiliki rasa yang manis.

Pepaya Mas

Pepaya-Mas-Pepaya-EmasSeperti namanya, jenis pepaya kalau sudah matang, warna kulitanya akan berubah menjadi keemasan, selain itu juga memiliki daging yang sangat enak. Pepaya mas haru dilindungu, dibudidaya dengan banyak karena jenis ini sangat langka dansulity ditemukan.

 

 

 

baca juga :

Jenis-Jenis Pepaya
Jenis-Jenis Mangga – 1
Jenis-Jenis Mangga – 2
Jenis-Jenis Mangga – 3
Jenis-Jenis Mangga – 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *