Jenis-Jenis Mangga – 4

Jenis-jenis mangga ini merupakan jenis mangga dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, dan beberapa juga berada dari luar indonesia yang sudah bisa

Mangga Irwin

Mangga IrwinMangga Irwin merupakan mangga yang berasal dari Australia. Mangga ini memiliki warna merah yang menarik. Warna merah pada kulit muncul karena adanya hormon antosianin yang berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek 100-200 mµ. Pada Mangga Irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai. Pigmen karotenoid yang tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning. Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah.

Mangga Golek

Mangga GolekMangga Golek termasuk jenis mangga yang sangat terkenal di Indonesia. Mangga golek dikenal juga dengan nama mangga lonjog karena bentuknya yang panjang dengan ujung lancip. Jika sudah matang, pangkalnya berwarna kunging-orange. Kulitnya tipis. Mangga ini memiliki aroma yang wangi dan rasa dagingnya lezat. Mangga golek temasuk tanaman dataran rendah sehingga mudah dibudidaya, dan menanam di tanah yang gembur jauh lebih baik karena hasilnya lebih memuaskan.

Mangga Khioe Sawoj

Mangga Khioe SawojMangga Khioe Sawoj merupakan mangga asli Thailand. Secara kasat mata mangga ini mirip dengan mangga golek yang ada di Indonesia. Mangga golek berwarna hijau muda, sedangkan mangga ini berwarna hijau tua, dan sampai matangpun tetap berwarna yang sama. Mangga ini termasuk ukuran besar, daging tebal dan biji kecil. Warna dagingnya putih, dan bisa dimakan saat mengkal. Rasanya sangat lezat. Di dalam bahasa Thai, Keow berarti hijau dan Savoey berarti makan, yang dapat diartikan sebagai varietas hijau terbaik yang dapat dimakan. Kemanisan Khieo Sawoei mentah memang luar biasa, mengalahkan rasa manis mangga Lalijiwo dan mangga Manalagi.

Mangga Nang Klangwan

Mangga Nan KlangwanMangga Nang Klangwan juga termasuk dalam jenis mangga unggulan asli Thailand. Dalam bahasa Thailand, memang Nang Klangwan sendiri berarti dimakan mengkal. Pada saat mengkal rasanya enak dan renyah. Kalau dirasa dengan teliti, rasanya seperti gabungan antara mangga Manalagi dan Apel Pear. Saat matang dagingnya berwarna kuning muda dan sangat lezat. Mangga ini sepintas mirip mangga golek, dan beratnya bisa mencapai 300 gram. Selain karena rasanya yang sangat nikmat, dagingnya tebal dan bijinya tipis kecil membuat mangga ini sangat laris di pasaran. Mangga ini sering dieexpor ke Jepang.

Mangga Yu Wen

Mangga-Yu-WenMangga Yu Wen merupakan mangga asal negara Taiwan yang memiliki ukuran ‘jumbo’. Memiliki tampilan warnah merah yang sangat cerah, membuatnya menjadi perhatian diantara mangga – mangga disekelilingnya. Rasanya sangat lezat, dagingnya tebal, kulitnya tipis, dab berbiji kecil membuat mangga ini sangat semourna untuk disantap.

baca juga :

Jenis-Jenis Pepaya
Jenis-Jenis Mangga – 1
Jenis-Jenis Mangga – 2
Jenis-Jenis Mangga – 3
Jenis-Jenis Mangga – 4

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *