Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan salh satu jenis ikan yang dibudidayakan sebagai ikan hias, karena ikan arwana mempunyai harga ekonomis yang cukup tinggi dikalangan pencinta ikan hias, harga yang sangat tinggi tersebut karena berdasarkan Mitologi Cina dianggap sebagai kekuatan alam dan juga di sebut sebagai Ikan Naga. ada beberapa jenis ikan arwana yang berasal dari Wilayah Indonesia atau negara-negara di Asia yang memiliki bentuk dan warna yang sangat bagus, sehingga mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.

 

1. Arwana Super Red
Ikan jenis ini berasal dari pulau Kalimantan, terutama di Provinsi kalimantan Barat seperti sungai Kapuas dan Danau sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Jenis Super Red (Chili dan Blood Red) ini adalah jenis Arwana yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi di banding Arwana merah Orange dan Merah Emas.

Ikan Arwana

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Arwana Golden Red
Ikan ini sering di sebut Arwana Golden Indonesia, habitat di daerah Mahato, Riau. Hampir sama dengan Arwana Cross back Golden yang habitat aslinya di Malaysia.
ikan arwana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Arwana Banjar
kan ini boleh dikatakan merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni arwana merah. Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun di pipi. Sepintas Banjar Merah muda sangat mirip dengan Arwana Merah muda, sehingga tidak jarang hal ini dapat mengecoh para hobiis baru. Banjar dicirikan juga oleh bentuk kepala yang cenderung membulat dengan mulut yang tidak terlalu lancip.
ikan arwana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Arwana Irian (Jardin)
Warna yang dimiliki warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kunign ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian. Maka dari itu jenis ini juga terkadang disebut arowana Irian oleh para hobbies. Jardini arowana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu w arna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Yang memiliki warna dasar lebih gelap adalah Scleropages jardini dan yang memiliki dasar lebih terang adalah scleropqges leichharti.
ikan arwana

 

 

 

 

 

 

 

 

Itulah beberapa jenis arwana yang habitat aslinya ada di Indonesia, bagi anda pencinta ikan hias pilihlah hewan lokal-lokal yang asli.