Hal-hal yang Mempengaruhi Keanekaragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

Hal-hal yang Mempengaruhi Keanekaragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia – Indonesia memiliki keanekaragamaan makhluk hidup. Salah satunya ialah kekayaan flora dan fauna. kenekaragaman akan flora dan fauna didukung oleh wilayah Indonesia luas dan kaya akan keanekaragaam tumbuhan maupun satwa baik di udara, darat maupun di
laut.

Baca juga : Pengertian Flora Dan Fauna Di Indonesia Beserta Contohnya

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai hal seperti aspek geografis. Menurut pendapat para pakar Zoologi jika fauna di indonesia memiliki tipe yang mirip dengan tipe fauna yang ada di Asia tenggara atau oriental. Sementara fauna di bagian kawasan Indonesia timur memiliki kemiripan dengan fauna yang terdapat di benua australia.

Flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi 3 bagian, antara lain: Daerah peralihan, Daerah asia, dan Pengaruh dari benua australia. hal itu disebabkan karena wilayah Indonesia terdapat garis Wallance yang dibatasi asiatis dengan peralihan, sedangkan garis webe membatasi anatara bagian peralihan dengan australis.

Dibawah ini merupakan faktor faktor yang mempengaruhi keanekaragamana flora dan fauna di indonesia.
Kenekaragaman Flora dan Fauna di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini:

1. Iklim

Faktor yang berpengaruh besar terhadap keanekaragaman flora di indonesia antara lain adalah iklim. Kondisi iklim pada suatu daerah mempunyai pengaruh yang besar untuk keberlangsunngan tumbuh kembangnya tanaman. Daerah yang tinggi akan curah hujan akan memiliki hutan yang lebat dan mempunyai jenis tanaman yang bervariasi misalnya di kalimantan dan sumatera.Sedangkan daerah yang memiliki curah hujan yang relatif kurang cenderung tidak memiliki hutan lebat, seperti Di Nusa Tenggara yang banyak ditumbuhi semak belukar dan hamparan padang rumput.

2. Tinggi rendahnya permukaan bumi

Faktor selnjtnya yang mempengaruhi keanekaragaman flora di Indonesia adalah tinggi rendahnya permukaan bumi atau disebut juga dengan faktor fisiografi/topografi yang meliputi ketinggian dan kemiringan suatu wilayah. Semakin tinngi suat wilayah maka suhu pada wilayah tersebut mengalami penurunan, Hal itu yang mengacu banyaknya jenis jenis tumbuhan khas yang tumbuh di daerah pada tinggi.

Sedangkan wilayah dengan derajat kemiriingan tanah, semakin terjal tanah maka semakin besar kekuatan air untuk mengikis permukaan tanah yang subur. Sehingga jenis flora yang hidup lebih sedikit dibandingkan dengan kondisi tanah yang relatif rata dan tinggi. karena cadangan air air hilang karena air bergerak cepat kebawah.

3. Jenis tanah

Media utama pada semua jenis tumbuhan dan tanaman adalah tanah. Jika semakin subur tekstur tanah disuatu tempat maka akan semakin banyak pula ragam tanaman yang dapat hidup diwilayah tersebut.

4. Pengaruh makhluk hidup.

Faktor terakhir selanjutnya adalah pengaruh makhluk hidup, Manusia dapat mengubah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. seperti mengubah daerah hutan menjadi lahan pertanian,perkebunan,penebangan, perumahan dan lainnya . Manusia merupakan komponen penting dalam perkembangan keberadaan flora dan fauna baik dalam sikap menjaga kelestarian maupun mengubah kehidupan flora dan fauna.

Selain manusia hewan juga mempunyai peran penting dalam perkembangan kehidupan flora maupun fauna, seperti burung yang membawa biji-bijian hal tersebut juga membantu penyebaran biji tumbuhan. Sedangkan tumbuh-tumbuhan mempunyai pengaruh penting dalam menyuburkan tanah dan mempengaruhi kehidupan faunanya.

Demikian informasi yang diberikan mengenai Pengertian dan Penyebaran Flora dan Fauna Di Indonesia. Semoga informasi yang diberikan bermnfaat. Tetap jaga kelestarian alam Indonesia kehidupan untuk masa depan nanti.

You May Also Like