Gorila

Gorila – Gorila merupakan jenis primata yang terbesar. Makanan dari hewan ini adalah sayur-sayuran , walaupun kadang mereka juga memakan serangga. Karena itu hewan ini dapat dikategorikan sebagai binatang omnivora. Gorila berasal dari hutan tropis di Afrika 97 % bahkan 98 % gorila identik dengan DNA manusia. Gorila merupakan spesies kedua setelah simpanse yang terdekat dengan manusia. Spesies ini juga terbagi dalam 2 jenis , yaitu gorila timur (eastern gorila) dan gorila barat (western gorila).

Jika dibandingkan dengan bentuk tubuh manusia , gorila mempunyai tangan dan kaki yang panjang , dimana tangannya lebih panjang dari kaki. Gorila memiliki dada yang besar dan memiliki bulu di seluruh bagian tubuhnya , Kecuali jari-jemari , wajah , ketiak , telapatk kaki dan telapak tangan. Gorila memiliki kepala yang besar , mata yang kecil dan berwarna kecokelatan. Gorila juga tidak memiliki ekor. Serta Gorila juga mempunya hidung yang unik , seperti manusia yang mempunyai sidik jari yang unik , dan gigi gorila dewasa sendiri berjumlah 32 gigi. Panca indra gorila hampir serupa dengan manusia. Tubuh gorila jantan hampir dua kali besarnya dibandingkan dengan gorila betina. Dalam satu hari gorila butuh sekitar 25 kilogram makanan yang terdiri dari berbagai jenis daun-daunan , bunga-bunga , biji-bijian , batang , tangkai pohon serta semut atau binatang kecil sejenis rayap.

Gorila merupakan binatang yang mempunya tingkat kepandaian yang tinggi. Mereka bahkan bisa berkomunikasi melalui bahasa sandi. Gorila juga merupakan binatang yang pemalu dan sosial. Gorila biasanya hidup di dalam keluarga yang terdiri dari 6 sampai dengan 7 ekor gorila. Setiap malam sebelum tidur gorila selalu membuat sarang yang terdiri dari daun-daunan , tangkai ataupun rumput. Jumlah sarang gorila ini sesuai dengan jumlah anggota keluarga mereka. Gorila bisa hidup sampai 50 tahun di kebun binatang. Di alam liar , gorila biasanya mencapai usia 35 tahun. Gorila bisa melakukan reproduksi saat berusia 10 – 12 tahun. Gorila betina mengandung sekitar 8 sampai 9.5 bulan dan bisa melahirkan tiga gorila selama hidupnya. Bayi gorila yang berusia 2 bulan bisa merangkak sedangkan 9 bulan sudah bisa berjalan. Hal ini merupakan hal yang jauh lebih awal dari bayi manusia.

Ilmuwan memperkirakan hewan ini hanya tinggal sekitar beberapa puluh ribu ekor lagi di alam liar Afrika. Sebagian besar dari jumlah ini merupakan golira dataran barat. Gorila dataran timur hanya berjumlah ribuan dan gorila pegunungan hanya mencapai ratusan ekor dan berada dalam ancaman kepunahan.

You May Also Like