Flora Yang Terancam Punah Di Indonesia

Flora Yang Terancam Punah Di Indonesia

Flora Yang Terancam Punah Di Indonesia

Flora Yang Terancam Punah Di Indonesia – Berikut ini dipaparkan beberapa tanaman di Indonesia yang sudah masuk dalam daftar Tanaman yang dilindungi akibat sudah banyak yang musnah, habitat aslinya rusak,  jumlahnya menurun, dan sudah terancam punah.

Bunga Raflesia Arnoldi / Bunga Bangkai

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-Raflesia-Arnoldi

 

Bunga Raflesia Arnoldi – Bunga ini merupakan bunga terbesar di dunia dan merupakan bunga Asli Indonesia. Memiliki aroma yang tak sedap membuatnya berbeda dengan bunga lian. Cirikhas bau tersebut membuatnya mudah dideteksi. Selain karena ukurannya yang besar dan baunya yang tak sedap, tapi bunga ini memiliki bentuk yang unik sehingga menjadi salah satu tujuan kunjungn wisatawan dan untuk kepentingan penilitian. Bunga raksasa ini dapat ditemukan di hutan Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Taman Nasional Meru Beitir dan Taman Nasional Bogor

Anggrek Hitam

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Ternacam-Punah-Anggrek-Hitam

 

Anggrek Hitam – Jenis Anggrek ini memiliki warna yang sangat indah. Perpaduan hitam kubin membuatnya begitu spesial. Warna kuning dan bintik hitam terletak pada bunganya. Keindahannya yang mempesona membuat anggrek hitam menjadi incaran kolektor dunia. Tak jarang harga fantastis dipatok hanya untuk mendapatkan anggrek cantik ini. Harga yang wah membuat habitatanya rusak akibat penjarahan membabi buta oleh kebiadaban manusia. Anggrek hitam tersebar di hutan kalimantan, Sumatera, Tanjung Malaya dan pulau bagian selatan Filipina. Anggrek ini sudah diambang kepunahan, sebaba itu harus di lestarikan.

Anggrek Larat

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Ternacam-Punah-Anggrek-Larat

 

Anggrek Larat – Dalam Bahsa Inggris dikenal dengan Cooctown Orchid dan dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Dendroibium Bigibbum. Anggrek Larat adalah jenis Anggrek yang berasal dari daerah Maluku. Populasi flora ini semakin berkurang karena habitatanya dirusak akibat tidak sadarnya manusia akan pemeliharaan lingkungan dan sumber daya alam. Dinamakan Anggrek Larat karena penyebaran terbesarnya di daerah Larat – Maluku Tenggara Barat. Anggrek ini juga bisa ditemui di daerah Maluku lainnya. Anggrek ini tumbuh alami dipohon-pohon besar atau juga di cela tebing kapur. Jika tidak ada perhatian khusus dari pihak terkait maka 5-10 tahun kedepan Anggrek ini akan musnah.

Demikian bebrap jenis Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah, yang dipaparkan pada bagian 1. Baca Artikel Lainnya Di : Pengertian Dan Ciri Khas Fauna Oriental

Author: jordan smith