Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah – 4

Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah – Berikut ini dipaparkan beberapa tanaman di Indonesia yang sudah masuk dalam daftar Tanaman yang dilindungi akibat sudah banyak yang musnah, habitat aslinya rusak,  jumlahnya menurun, dan sudah terancam punah.

Pohon Damar

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-DamarPohon Damar merupakan jenis pohon kayu yang tingginya mencapi 60 meter dengan diameter mencapai 2 cm. Habitat asli flora ini berada di provinsi Papua. Sekarang pohon hanya tinggal beberapa persen saja akibat pembabatan liar, pencurian, dan salah fungsi oleh masyarakat setempat. Kualitas kayu yang bagus menjadi incaran pengusaha meubel dan kolektor, serta bisnis lainnya yang banyak tidak resmi alias ilegal. Damar termasuk jenis pohon kayu yang hidupnya lambat. Kini pohon khas Papua ini berada di ambang kepunahan, karnea sulit dikendalikan oleh pemerintah setempat.

Tanaman Bayur

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-Tanaman-Bayur-Tanaman Bayur merupakan jenis tanaman berkayu. Memiliki kualitas kayu yang unggul, tak kalah dengan kulaitas jenis kayu lainnya. Banyak yang salah memfungsikan Tanaman ini sehingga populasinya seamkin berkurang, dan  dieksploitasi dengan bebas sehingga susah ditemukan. Flora ini masuk dalam kategori jenis tanaman yang dilindungi karena sudah hampir punah. Tanaman ini memiliki usia tumbuh yang sedang dan sudah bisa difungskian ketika umur dua tahun. Penebangan dan pelestarian tidaklah seimbang. Penebangan secara brutal kerap terjadi, membuat habitatnya menjadi rusak dan susah untuk mendapat penggantinya.

Bunga Edelweiss

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-EdelewissBunga Edelweiss dikenal juga dengan nama bunga abadi oleh masyarakat Indonesia. Edelweiss merupakan bunga gunung yang tak pernah layu walau dipetik dan disimpan juga hanya berbunga setahun sekali, namun bisa bertahan sepanjang setahun. Bunga ini banyak tumbuh di daerah gunung, kawasan gunung berapi yang berada di pulau Jawa. Saat ini populasinya sudah berkurang akibat penjarahan liar. Banyak orang dengan sengaja memetik dan didagangkan secara bebas. Banyak pendaki juga tidak bertanggung jawab, tidak menjaga justru sengaja membawa pulang sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara, kenalan dan pacar. Hal ini tentunya harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Sangat disayangkan jika flora yang menjadi kebanggaan dan identitas sebuah bangsa justru dihancurkan bukan karena alam tapi perilaku biadab manusianya sendiri.

Demikian bebrapa jenis Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah, yang dipaparkan pada bagian 4.

baca juga :

bagian 1 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 2 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 3 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 4 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah

You May Also Like