Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah – 2

Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah – Berikut ini dipaparkan beberapa tanaman di Indonesia yang sudah masuk dalam daftar Tanaman yang dilindungi akibat sudah banyak yang musnah, habitat aslinya rusak,  jumlahnya menurun, dan sudah terancam punah.

Bunga Kantong Semar

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-Kantong-SemarKantong Semar merupakan jenis flora yang sangat unik dan dilindugi akibat populasinya berkurang dan habitatnya dirusak oleh peredtaor, terutama manusia. Habitat aslinya berada di Kalimantan dan Sumatera. flora ini dianggap sebagai benalu. Tingginya mencapai 15-20 cm. Termasuk dalam karnivora karena memakan bintang kecil seperti kodok, pacet dan jenis serangga. Kantong salurnya sebagai perangkap mangsa.

Keberadaannya juga bisa ditemukan dibeberap daerah seperti Taman Nasional dan Cagar Alam.

Anggrek Macan / Aggrek Tebu

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-Anggrek-MacanAnggrek Macan ini sangat unik dan merupakan anggreak terbesar. Bentuknya mirip dengan tebu dan batangnya bisa tumbuh berkembang mencapai 3 meter. Coraknya mirip macan menjadikannya spesial dan snagat diminiati untuk tanaman hias. Anggrek ini sempat bebas diperdagangkan, sehingga ternacam punah. Anda bisa menemukan Anggrek ini di penangkaran seperti taman Nasional.

Tanaman Mimba

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-Mimba-buahTanaman Mimba banyak ditemukan di hutan Kalimantan dan semenanjung Malaya. Batang tanaman ini bisa mencapai 20 meter lebih. Memiliki kulit batang tang tebal serta bertekstur kasar. Memiliki daun bersirip genp dengan bentuk lonjong, sisinya bergerigi. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Sayang sekrang berada di pintu kepunahan akibat keserakahan manusia yang semena0mena terhdap alam. Faktor utama penyebab kepunahan ini yakni perluasan lahan perkebunan dan permukiman padat maupun liar. Tanaman pstisida ini masukjenis flora yang harus dilindungi akibat populasi yang menurun signifikan. Diperkirakan 10-20 tahun kedepan, flora ini hanya meninggalkan nama.

Tanaman Enau / Aren

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-EnauTanaman Enau dikenal juga dnegan pohon Aren. Tanaman ini seperti kelapa dan rotan yang memiliki multi fungsi alias serba berfungsi. Batang enau berbulu dn berserabut. Buahnya mirip buah palem, kecil dan bergerimbol. Nektar dari bunga yang ada pada buah yang dijadikan gula. Saat ini populasinya menurun drastis akibat perluasan lahan, buka lahan baru.

Demikian bebrap jenis Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah, yang dipaparkan pada bagian 2.

baca juga :

bagian 1 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 2 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 3 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 4 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah

You May Also Like