Flora Dan Fauna Khas Sumatera Barat

Flora Dan Fauna Khas Sumatera Barat РFlora dan fauna khas Sumatera Barat Sumatera Barat merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Sumatera Barat. Berikut ini akan kita rangkum flora dan fauna yang merupakan  khas Sumatera Barat , antara lain :

  • Fauna Khas Sumatera Barat :
    Image result for kuau rajaKuau Raja merupakan burung khas Sumatera Barat. Burung yang memiliki nama latin Argusianus Argus ini atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Great Argus sedangkan penyebutan lokal untuk hewan ini adalah kuang.Ciri – ciri hewan ini antara lain , bagi burung jantan memiliki bulu ekor yang panjang dan indah dengan motif bulatan – bulatan berwarna cerah dan berbintik – bintik keabu – abuan serta berukuran besar. Saat burung ini kawin , pejantan akan menarik perhatian betina dengan mengembangkan bulu sayap dan ekornya. Bulu ekor ini terkembang seperti kipas raksasa. Pelahan kipas tersebut ditarik ke depan sehingga menutupi seluruh tubuh dan kepala burung jantan. Burung ini juga memiliki berat mencapai 10 kg serta panjang dari kepala hingga ujung ekor pada burung kuau raja jantan dapat mencapai 2 meter.Kuau raja merupakan salah satu burung asli Indonesia yang hidup di pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain itu burung besar maskot sumatera Barat ini tersebar di Thailand , Myanmar , Malaysia dan Brunei Darussalam.
  • Flora Khas Sumatera Barat :
    Image result for pohon andalas
    Pohon Andalas merupakan flora identitas dari provinsi Sumatera Barat. Pohon ini merupakan tumbuhan dari famili moraceae serta merupakan kerabat dekat dari Murabai (Morus Alba). Pohon yang juga dimanfaatkan kayunya sebagai bahan perabot rumah tangga , almari , dan bahan bangunan termasuk dalam pembuatan rumah gadang. Menurut mitos , pohon ini berasal dari tongkat Datuak parpatih nan Sabatang , salah satu tokoh penyusun adat bagi masyarakat Minangkabu , yang di tancapkan ke tanah. Sehingga kayunya mempunyai kualitas tinggi , awet , tahan air , dan anti rayap.Nama latin tanaman ini adalah Morus macroura Miq. yang mempunyai beberapa nama sinonim seperti Morus alaisia Deless. ex Moretti, Morus alba var. laevigata Bur., Morus laevigata Wall., Morus wallichiana Koidz., dan Morus wittiorum var. mawu Koidz. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Himalayan Mulberry atau Sumatra Mulberry. Sedangkan di Indonesia dikenal juga sebagai Kertau, Hole Tanduk, atau Andaleh.Pohon Andalas berukuran besar dan tinggi yang mampu mencapai 40 meter dengan diameter batang bawah mencapai 2 meter. Meskipun pohon ini asli Indonesia , tapi pohon ini tersebar di China (Yunan dan Hainan) , Tibet , Kamboja , Malaysia (Semenanjung) , Laos , Vietnam , Thailand , dan Indonesia (Sumatera dan jawa). Populasi yang secara global masih cukup banyak , namun di Indonesia mulai langka.