Flora dan Fauna Khas Sumatera Utara

Flora Dan Fauna Khas Sumatera Utara РFlora dan fauna khas Sumatera Utara Sumatera Utara merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Sumatera Utara. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan  khas Sumatera Utara , antara lain :

  • Fauna Khas Sumatera Utara :Image result for beo nias
    Beo Nias merupakan fauna identitas dari Sumatera Utara. Burung yang memiliki nama latin Gracula Religiosa Religiosa Linnaeus ini dalam bahasa Inggris nya kerap disebut sebagai Common Hill Myna atau Hill Myna.Beo Nias ini memiliki ciri – ciri antara lain , memiliki ukuran sekitar 40 cm. Hampir seluruh bulunya berwarna hitam pekat kecuali bulu dibagian sayap yang berwarna putih. Paruh dari burung ini berwarna kuning oranye , sedangkan kakinya berwarna kuning. Burung ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan burung beo lainnya yaitu adanya sepasang gelambir cuping telinga berwarna kuning serta iris mata yang berwarna coklat gelap.Beo ini merupakan daftar Least Concern oleh IUCN termasuk burung yang hampir punah. Burung ini juga harus dilindungi berdasarkan Undang – Undang No. 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999.
  • Flora Khas Sumatera Utara :
    Image result for bunga kenanga
    Bunga Kenanga merupakan flora identitas dari Sumatera Utara. Bunga yang memiliki nama latin Cananga mitrastigma (F.Muell.) Domin, Cananga odoratum (Lam.) Baill. ex King, Cananga scortechinii King, Unona cananga Spreng., dan Uvaria odorata Lam. Bunga ini juga dipergunakan sebagai pelengkap acara – acara adat dan keagamaan yang ada di Indonesia. Bunga ini juga merupakan bunga yang dipergunakan sebagai salah satu bunga tabur saat berziarah. Selain itu bunga ini merupakan bunga yang bisa dimanfaatkan sebagai obat yang mempunyai khasiat sebagai pembersih sehabis melahirkan , obat sesak nafas , bronkhitis , serta obat malaria.Pohon ini memiliki tinggi hingga 20 meter dengan diameter batang mencapai 70 cm. Bunga kenanga merupakan bunga majemuk dengan garpu – garpu. Tersusun menyerupai bintang yang terdiri atas 6 lembar daun bunga. Bunga ini memiliki aroma yang khas , kenanga juga termasuk salah bunga yang mudah perawatan dan penanamannya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *