Flora Dan Fauna Khas Sulawesi Tengah

Flora Dan Fauna Khas Sulawesi Tengah – Flora dan fauna khas Sulawesi Tengah merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Sulawesi Tengah. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Sulawesi Tengah , antara lain :

  • Fauna Khas Sulawesi Tengah :
    Image result for burung maleo
    Meleo merupakan fauna khas Sulawesi Tengah. Hewan yang sejak tahun 1990 berdasarkan SK. No. Kep. 188.44/1067/RO/BKLH tanggal 25 februari 1990 “Maleo” ditetapkan sebagai Fauna khas Sulawesi tengah. Burung ini merupakan hewan endemik Sulawesi dan penyebaran di Sulawesi tengah relatif luas.

    Ciri – ciri dari fauna khas Sulawesi tengah ini antara lain , memiliki ukuran yang besar dan panjang rata – rata 11 cm dan beratnya sekitar 260 gram per butir atau sebanding dengan 5 butir telur ayam. Maleo mengelabui pemangsa yang mungkin sedang mengincar telur – telur mereka dengan membuat lubang – lubang lain. Setelah keluar anak Maleo akan berusaha sendiri keluar dari tanah atau pasir dan langsung berjuang hidup sendiri di alam tanpa asuhan sang induk.

    Jika anda ingin melihat burung ini anda dapat menemukannya di beberapa konservasi tempat tempat maleo , diantaranya adalah suaka margasatwa bakiriang di kabupaten Bangga , Cagar Alam morowali , Taman Nasional Lore Lindu. Penyebaran di luar kawasan konservasi yang termonitor antara lain di daerah tanjuang santigi kecamatan Moutong. Tanjung desa rerang kabupaten Donggala , daerah Bungku , dan Sausu kabupaten perigi Moutong.

  • Flora Khas Sulawesi Tengah :
    Image result for pohon eboni
    Pohon Ebony merupakan flora khas Sulawesi tengah. Tanaman yang dikenal juga dengan nama kayu hitam merupakan jenis kayu yang tergolong kuat dan awet , sehingga kayu ini bernilai ekonomi tinggi dan permintaan konsumen semakin bertambah dari waktu ke waktu. Ebony mempunyai kayu teras berwarna hitan dan coklat kehitaman dengan tingkat bahan dekoratif lainnya.

    Ebony memiliki ciri – ciri antara lain , tinggi 40 meter dengan diameter 100 cm. Tajuk pohon ini berbentuk selindris sampai kerucut , dengan percabangannya agak lateral dan sangat kokoh. Sistem perakaran sangat dalam , luas dan intensif. Kulit luat berwarna hitam dan mengelupas kecil – kecil sejalan dengan bertambahnya umur pohon. Bunga berukuran kecil dengan buah berdaging. Ebony dapat tumbuh pada berbagai type tanah , dengan ketinggian 250 – 350 meter dari permukaan laut.

You May Also Like