Flora dan Fauna Khas Provinsi Bengkulu

Flora dan Fauna khas Bengkulu yang merupakan mascot dari provinsi Lampung adalah Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) dan Beruang Madu (Helarctos malayanus). Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Bengkulu, sedangkan Beruang Madu (Helarctos malayanus) sebagai fauna identitas.

Bunga Bangkai Flora Khas Bengkulu

Flora Khas Provinsi Bengkulu

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Bangkai atau Suweg Raksasa merupakan tumbuhan dari family araceae (talas-talasan). Nama latin bunga ini adalah Amorphophallus titanum(Becc.) Becc., dengan nama sinonim Amorphophallus selebicus Nakai dan Conophallus titanum Becc.

Nama bunga bangaki tersebut berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya

Bunga Bangkai, Suweg Raksasa, atau Titan Arum memiliki tekstur krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang. Dan bagian mahkota bunganya berwarna merah keunguan. Saat mekar bentuk bunga bangkai ini terlihat seperti terompet. Tinggi bunga bangkai saat mekar sempurna bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 m.

 

 

Beruang Madu Fauna Khas Bengkulu

Fauna Khas Provinsi Bengkulu

 

 

 

 

 

 

 

Mendampingi bunga bangkai, beruang madu merupakan pasangan fauna dari flora (bunga bangkai) yang terkenal di provinsi Bengkulu. Namun beruang madu bukan merupakan hewan endemik Indonesia.

Nama latin dari Beruang Madu adalah Helarctos malayanus (Raffles, 1821) yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malayan Sun Bear atau Sun Bear. Uniknya beruang madu khas Bengkulu ini memiliki bagian tubuh yang paling kecil dibandingan dengan Beruang Madu dunia lainnya. Panjang tubuh sekitar 1,4 meter dengan berat antara 50-65 kg.  Bulu bewarna hitam yang hampir memenuhi tubuhnya ini memiliki pola khas berbentuk “V” bewarna keputihan atau kekuningan di dadanya.

Beruang Madu adalah binatang omnivore yang memakan apa saja di dalam hutan. Berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan, termasuk juga tanaman jenis palem. Hewa khas Bengkulu ini aktif dimalam hari, karena mereka menghabiskan waktu ditanah serta memanjat pohon untuk mencari makanan kecil.

 

You May Also Like