Flora Dan Fauna Khas Papua Barat

Flora Dan Fauna Khas Papua Barat – Flora dan fauna khas Papua Barat merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Papua Barat. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Papua Barat , antara lain :

  • Fauna Khas Papua Barat :
    Image result for burung kasuari
    Burung Kasuari merupakan fauna khas Papua barat. Burung ini merupakan burung besar yang indah menawan. Namun dibalik keindahan burung kasuari mempunyai sifat yang agresif dan cenderung galah jika diganggu. Burung ini tidak segan – sengan mengejar makluk lain yang menganggunya.Ciri – ciri burung yang menjadi fauna khas Papua barat ini antara lain , memiliki tubuh dengan ukuran yang sangat besar. Burung ini tidak dapat terbang. Burung ini memiliki tinggi mencapai 170 cm , dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Diatas kepalanya burung ini memiliki tanduk yang tinggi berwarna kecokelatan. Burung betina serupa dengan burung jantan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan. Kaki burung ini sangat panjang dan Kuat. Burung ini mampu menendang dan merobohkan musuh – musuhnya yang salah satunya adalah manusia yang menganggunya.

    Burung kasuari ini merupakan satwa endemik pulau Papua yang terdapat di pulau Seran(Maluku) juga. Dan Australia bagian timur laut. Burung ini biasanya hidup di dataran rendah termasuk di daerah rawa – rawa. Burung ini merupakan burung yang terancam kepunahannya sehingga merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

  • Flora Khas Papua Barat :
    Image result for matoa
    Matoa merupakan tanaman khas Papua Barat. Buah yang umumnya berbuah sekali dalam setahun ini hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian kurang lebih 1200 meter diatas permukaan laut.Ciri – ciri dari flora khas Papua Barat ini antara lain , pohon dari buah ini memiliki tinggi rata- rata 18 meter dengan diameter rata – rata maksimum 100 cm. matoa dicirikan dengan danging buah yang kenyal dan diameter buah 2,2 – 2,9 cm dan diameter biji 1,25 – 1,40 cm. Pohon ini juga tahan terhadap seranggan yang pada umumnya merusak buah.

    Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian kurang lebih 1200 meter diatas permukaan laut. Buah ini tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering dengan lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan agar dapat tumbuh dengan baik adalah iklim dengan curah hijan yang tinggi. Selain di papua buah ini juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi , Maluku dan Papua New Guinea.

You May Also Like