Flora Dan Fauna Khas Maluku Utara

Flora Dan Fauna Khas Maluku Utara – Flora dan fauna khas Maluku Utara merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Maluku Utara. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Maluku Utara , antara lain :

  • Fauna Khas Maluku Utara :
    Image result for Burung bidadari Halmahera
    Burung bidadari Halmahera merupakan fauna khas Maluku utara. Burung ini masih satu jenis dengan burung cenderawasih. Burung ini mempunyai bulu yang indah layaknya bidadari juga mempunyai gerak tarian yang indah dan terkesan genit terutama saat merayu pasangannya.

    Ciri – ciri dari burung yang merupakan fauna khas Maluku Utara ini adalah , memiliki ukuran sedang sekitar 28 cm. Berwarna coklat kehijauan Zaitun. Burung bidadari jantan mempunyai mahkota warna ungu dan ungu pucat mengkilat serta warna hijau zamrud pada dadanya. Burung bidadari betina berukuran lebih kecil dengan warna cokelat zaitun dan serta punya ekor yang lebih panjang dibandingkan burung jantan. Ciri khas burung ini adalah mempunyai dua pasang bulu putih yang panjang yang keluar menekuk dari sayapnya. Bulu ini ditegakkan atau diturunkan sesuai dengan keinginan burung ini.

    Burung bidadari merupakan satwa endemik Maluku utara dan menjadi jenis cenderawasih yang tersebar dikawasan paling barat. Burung ini bisa dijumpai di pulau Halmahera dan Bacan di Maluku Utara. Selain itu habitat dari burung bidadar nan genit ini adalah hutan tanah putih , gunung amkonora , dan hutan domato , hutan labi – labi serta hutan lolobata. Populasi burung bidadari tidak diketahui dengan pasti tetapi dipastikan telah menurun jika dibandingkan dengan tahun 1980-an lantaran banyaknya kawasan hutan habitat burung bidadari yang mengalami deforestasi. IUCN redlist mengkonservasi burung ini masih dianggap aman sehingga diklasifikasikan sebagai least concern. Sedangkan di Indonesia dalam lampiran PP no 7 tahun 199 burung ini termasuk salah satu satwa yang dilindungi.

  • Flora Khas Maluku Utara :
    Image result for cengkih
    Cengkih merupakan flora khas Maluku Utara. Cengkih yang dalam bahasa Inggris disebut Cloves , adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih ini merupakan tanaman asli Indonesia , banyak digunakan untuk bumbu masakan pedas di negara – negara Eropa , dan sebagai bahan utama rokok kreter khas Indonesia.

    Ciri – ciri dari flora khas Maluku Utara ini antara lain , merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh tinggi sekitar 10 – 20 m , mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk – pucuknya. Tangkai buah pada awalnya berwarna hijau dan berwarna merah jika bunga sudah mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mencapai panjang 1,5 – 2 cm. Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu , baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan di Eropa dan Asia.

    Tanaman ini mengandung minyak esensial yang memiliki fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan menghilangkan bau nafas dan menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih ini bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga digunakan dalam campuran tradisional chojiyu yang digunakan oleh orang jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.

You May Also Like