Flora Dan Fauna Khas Jawa Timur

Flora Dan Fauna Khas Jawa Timur – Flora dan fauna khas Jawa Timur merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Jawa Timur. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Jawa Timur , antara lain :

  • Fauna Khas Jawa Timur :
    Image result for ayam hutan hijau
    Ayam Hutan Hijau merupakan fauna khas Jawa Timur. Ayam ini merupakan nama sejenis burung yang termasuk dalam kelompok unggas dari suku Phasianidae dengan bahasa Latin Gallus varius. Ayam hutan ini diyakini sebagai nenek moyang sebagian ayam peliharaan yang ada di Nusantara. Dalam bahasa Inggris ayam memiliki nama Green Junglefowl , Javan Junglefowl , Forktail , atau Green javanese Jugnlefowl , merujuk pada warna dan asal tempatnya.Ciri – ciri dari ayam hutan hijau ini antara lain , memiliki ukuran besar , panjang tubuh total sekitar 60 cm pada ayam jantan , dan 42 cm pada yang betina. Jengger pada ayam jantan tidak bergerigi merupakan berbentuk bulat tepinya. Bulu – bulu pada leher , tengkuk dan mantel hijayu berkilau dengan tepian kehitaman, nampak seperti sisik ikan. Penutup pinggul berupa bulu – bulu panjang meruncing kuning keemasasn dengan tengah berwarna hitam. Ayam ini menyukai daerah terbuka dan berpadang rumput , tepi hutan dan daerah dengan bukit – bukit rendah dekat pantai.

    Pagi dan sore hari biasanya ayam ini mencari makan di tempat – tempat terbuka dan berumput. Sedangkan pada siang hari yang terik mereka berlindung di bawah naungan tajuk hutan. Ayam ini memakan aneka biji – bijian , pucuk rumput , dedaunan , aneka serangga , serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba – laba ,cacing , kodok dan kadal kecil.

    Ayam ini biasanya hidup berkelompok dengan jumlah 2-7 ekor dalam 1 kelompok. Hewan ini pada pagi dan petang hari berkokok dengan suaranya yang khas , nyaring sengau.

  • Flora Khas Jawa Timur :
    Image result for bunga sedap malam
    Sedap Malam merupakan flora khas Jawa Timur. Tanaman yang dalam bahasa Melayu sundal malam ini adalah tumbuhan hijau abadi dari suku asmat. Tumbuhan ini juga banyak digunakan dalam pembuatan parfum. Dan bunga ini biasanya mekar di malam hari. Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya yang panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.Bunga ini juga dapat kita temukan di negara lain selain Indonesia. Beberapa nama bunga sedap malam di beberapa negara , antara lain :
    -Omixochitl (Meksiko)
    -Ratkirani (India)
    -Xinxiao (Singapura)
    -Maryan (Persia)

You May Also Like