Flora Dan Fauna Khas Jawa Tengah

Flora Dan Fauna Khas Jawa Tengah – Flora dan fauna khas Jawa Tengah merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Jawa Tengah. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Jawa Tengah , antara lain :

  • Fauna Khas Jawa Tengah :
    Image result for burung kepodang
    Burung Kepodang merupakan fauna khas Jawa Tengah. Burung yang berkicau serta memiliki bulu indah ini merupakan burung yang sering digunakan dalam tradisi mitoni. Konob ibu hamil yang memakan daging burung ini akan mendapatkan anak yang ganteng dan cantik jelita.

Ciri – ciri dari burung khas Jawa Tengah ini antara lain , burung ini berukuran relatif sedang , memiliki panjang 25 cm. bulunya indah berwarna kuning keemasan sedangkan bagian kepala sayap dan ekor ada sebagian bulu yang berwarna hitam. Ciri khas burung kepodang ini adalah terdapat garis hitam melewati mata dan tengkuk. Iris mata burung kepodang berwarna merah sedangkan paruhnya berwarna merah jambu. Burung ini memiliki siulan seperti bunyi alunan seruling dengan bunyi “Iiiuw , klii-liii-tiii-liiuw” atau “u-dli-i”. Burung ini memakan buah-buahan , biji-bijian dan sesekali memakan ulat. Burung kepodang jenis betina biasanya membuat sarang dengan teliti pada ranting pohon. Ketelitian burunng kepodang ini dalam membuat sarang yang indah dan tampilan burung yang selalu terlihat bersih dan rapi dengan bulu yang indah menawan membuat burung ini sering mendapat predikat sebagai burung pesolek.

Habitat dair burung ini adalah di daerah dataran tinggi. Namun burung ini juga dapat ditemui di hutan terbuka , hutan mangrove dan hutan pantai hingga ketinggian 1.600 m diatas permukaan laut. Kepodang tersebar luas dari India , Bangladesh ,Rusia , China , Korea ,Taiwan , Laos , Myanmar , Kamboja, Thailand ,Filipina ,Malaysia dan Indonesia (Sumatera , Jawa , Kalimantan , Bali , Nusa Tenggara , Sulawesi). Burung ini ditetapkan oleh IUCN dalam kategori Least Concern atau beresiko rendah artinya burung ini belum dianggap terancam kepunahannya.

  • Flora Khas Jawa Tengah :
    Image result for bunga kantil
    Kantil merupakan flora khas provinsi Jawa Tengah. Tanaman yang mempunyai bunga berwarna putih dan berbau harum ini mempunyai nama latin Michelia Alba. Mitos masyarakat setempat mengatakan aroma bunga kantil yang khas ini sangat disukai oleh kuntilanak , sejenis makhluk halus perempuan. Karena harumnya bunga ini membuat kuntilanak memilih pohon ini sebagai tempat tinggalnya.

    Ciri – ciri tanaman kantil antara lain , mempunyai tinggi yang mampu menapai 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu. Pada ranting – ranting pohon cempaka putih biasanya ditumbuhi bulu -bulu halus berwarna keabu – abuan. Daun kantil tunggal berbentuk bulat telur dan berwarna hijau. Tangkai daun lumayan panjang , mencapai hampir separo panjang daunnya. Kantil mempunya bunga berwarna putih yang mempunyai bau harum yang khas.

    Pohon kantil tersebar hampir di seluruh daratan Asia beriklim tropis hingga beberapa pulau jawa. Di Indonesia tanaman ini bisa ditemui di seluruh wilayah Indonesia. habitat tumbuhan ini meliputi daerah beriklim tropis pada dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1.600 meter diatas permukaan laut.

    Bunga ini memiliki digunakan pada acara – acara perkawinan terutama sebagai hiasan sanggul dan keris. Selain itu bunga ini juga digunakan untuk menabur bunga pada upacara kematian. Bunga ini memiliki manfaat sebagai ekspektoran dan diuretik karena kandungan alkaloid mikelarbina dan liriodnimanya. Obat ini dipercayai dapat mengobati bronkhitis , batuk , demam , keputihan , radang , prostata , infeksi saluran kemih dan sulit kencing.

You May Also Like