Flora Dan Fauna Khas Bengkulu

Flora Dan Fauna Khas Bengkulu – Flora dan fauna khas Bengkulu merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Bengkulu. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Bengkulu , antara lain :

  • Fauna Khas Bengkulu :
    Image result for ciri ciri beruang madu
    Beruang madu merupakan fauna khas bengkulu. Hewan dari famili ursidae ini bukanlah hewan endemik Indonesia , namun dengan habitat alaminya di pulau Sumatera dan Kalimantan wajar jika kemudian masyarakat Bengkulu menasbihkannya sebagai maskot provinsi tersebut. Selain di Bengkulu , Hewan ini juga merupakan maskor dari kota Balikpapan.Hewan yang memiliki nama latin Helarctos Malayanus atau dalam bahasa inggisnya Malayan Sun Bear atau Sun Bear memiliki tubuh yang kecil dibandingkan beruang lainnya.Ciri – ciri dari hewan ini antara lain , memiliki panjang tubuh 1.4m serta berat 50-65 kg. Bulu hewan ini cenderung pendek , berkilau dan pada umumnya hidungnya relatif lebar tetapi tidak terlalu moncong. Beruang ini juga bisa bergerak cepat hingga 48 kilometer per jam dan memiliki tenaga yang sangat kuat. Kepala beruang madu relatif besar sehingga menyerupai anjing yakni memiliki telinga kecil dan berbentuk bundar.Hewan ini juga termasuk dalam daftar CITES yang menyatakan mereka tidak boleh diburu. Hewan ini juga masuk dalam daftar IUCN dalam status VU atau status speies yang akan menjadi spesies terancam jika tidak diselamatkan reproduksinya.
  • Flora Khas Bengkulu :
    Image result for bunga bangkai
    Bunga Bangkai merupakan flora khas Bengkulu. Bunga bangkai atau suweg raksasa merupakan tumbuhan dari famili Araceae. Bunga ini juga memiliki nama latin Armorphophallus titanum dengan nama sinonim Armorphophallus selebicus Nakai dan Conophallus titanum Becc.Tumbuhan yang merupakan endemik Sumatera ini dikenal sebagai tumbuhan khas yang berukuran raksasa dan baunya yang busuk. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang terbesar di dunia.Bunga bangkai , Suweg Raksasa ini berwarna pada bagian luar dan pada bagian dalam memiliki bagian yang menjulang. Mahkota bunganya berwarna merah keunguan. Saat mekar bentuknya terlihat seperti terompet. Tinggi bunga ini saat mekar sempurna bisa mencapai sekitar 4m dengan diameter sekitar 1.5m

You May Also Like