Flora Dan Fauna Khas Sumatera Selatan

Flora Dan Fauna Khas Sumatera Selatan РFlora dan fauna khas Sumatera Selatan Sumatera Selatan merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Sumatera Selatan. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan  khas Sumatera Selatan , antara lain :

  • Fauna Khas Sumatera Selatan :Image result for ikan belidaIkan belida merupakan fauna khas Sumatera selatan yang hidup di sungai dan daerah banjir , ikan air tawar ini mempunyai bentuk badan ikan pipih dengan kepala kecil.Ikan belida memiliki ciri – ciri antara lain , Bentuk kepala dekat punggung cekung , bungkuk dibagian tungkuk , sisik kecil – kecil. Rahang panjang sesuai dengan meningkatnya umur sampai jauh melampaui batas belakang mata. Sisik pada penutup insang pertama terdapat 20-22 baris. Berwarna agak kelabu di bagian punggung , dan agak putih keperakan dibagian perut. Pola warna bervariasi sesuai dengan fasenya. Panjang maksimum kurang lebih 875 mm dan berat tubuh dapat mencapai 15 kg. Walaupun ukurannya yang lumayan besar , namun orang – orang masih gemar memakai ikan ini sebagai ikan hias di akuarium air tawar. Sisi badannya dihias deretan bola hitam yang masing – masing dikelilingi lingkaran putih seperti jendela kapal laut. Mulut ikan ini luar biasa lebarnya , kalau dibandingkan dengan kecilnya kepala ikan ini. Itu berkaitan dengan cara makan sebagai ikan pemakan daging , yaitu mecaplok mangsa yang berhasil diburu dan dipojokkan.
  • Flora Khas Sumatera Selatan :
    Image result for Duku dan kokosan
    Duku merupakan tumbuhan identitas dari provinsi Sumatera selatan. Tumbuhan yang memiliki nama L. Domesticum var. Tanaman ini memiliki banyak kulrivar yang dibedakan dari bentuk buah , besar tanaman dan lain sebagainya. Adapun jenis – jenis tanaman ini yang dikenal di Indonesia antara lain meliputi :-Duku (L.Domesticum var duku) , memiliki pohon yang besar daun yang tumbuh pada dan berwarna hijau cerah dengan tandan buahnya yang berisi sedikit buah. Dari segi buah , duku sendiri memiliki buah yang besar , bulat , memiliki kulit bauh yang tebal , berbiji kecil dan berdaging tebal. Buah ini tidak memiliki getah ketika sudah siap dimakan.-Langsat (L.Domesticum var domesticum) , memiliki pohon yang cenderung kecil , berdaun lebat dengan warna daun hijau tua dan tandan buahnya yang dapat. dari segi buahnya , langsat sendiri memiliki kulit buah yang tipis dan mengeluarkan getak , dengan rasa daging buahnya yang asam – manis serta berair. Buah langsat termasuk buah yang tidak dapat bertahan lama , setelah 3 hari dipetik akan memiliki kulit yang hitam meskipun tidak merusak kualitas daging buahnya.-Kokosan (L. Domesticum var aquaeum) , memiliki daun yang berbulu, tandan buahnya memiliki buah yang sangat pada , kulit buah berwarna kuning tua dengan butir buah yang umumnya kecil namun sukar untuk dikupas dan rasa dagung buah yang masam. Buah kokosan dikonsumsi dengan menghisap daging buah.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *