Duku Buah dari Sumatera Selatan , Yang Unik

Buah Duku – Buah yang berbentuk bulat kecil ini merupakan flora khas dari daerah sumatera selatan ini banyak dikonsumsi hanya sebagai pencuci mulut. Namun buah ini bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai selai , isian puding , dan lainnya. Buah yang masih mentah berwarna kehijauan dan rasanya masam , namun jika warna sudah mulai kekuningan , ini merupakan tanda bahwa duku sudah matang dan mempunyai rasa yang lebih manis. Terkadang ada yang menganggap bahwa buah duku pahit , namun rasa pahit tersebut dihasilkan jika mengigit biji yang ada di dalamnya.

Buah duku memiliki manfaat bagi kesehatan , beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan antara lain :

1. Sumber Antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kegunaan buah duku yakni lainnya yakni akan mencegah penuaan dini. Salah satu faktor penyebab penuaan dini yaitu karena radikal bebas. Seperti yang disebutkan diatas, vitamin C dalam buah ini sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

3. Menguatkan Gigi

Buah duku berkhasiat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang ada didalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengkonsumsi buah ini. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan mengkonsumsi strawberrry untuk kesehatan gigi.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan bahwa buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang banyak sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi. Kandungan vitamin C juga banyak terdapat dalam :

jeruk
lemon
jeruk nipis
5. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah duku tidak disangka ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.

Jadi, jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak. Buah duku ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan apel bagi yang tengah menjalani program diet.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini seperti yang juga ditemui pada buah pepaya. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti :

mencegah penuaan dini
menghaluskan serta melembutkan kulit
menjaga kelembaban kulit
menjaga kulit dari sinar UV
Membantu penyembuhan luka
9. Mengendalikan Kadar Kolesterol

You May Also Like