Burung Mambruk

Burung Mambruk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Burung Mambruk

Burung Mambruk merupakan spesies terbesar dari jenis-jenis burung Merpati. terdapat tiga jenis dari burung mambruk yaitu mambruk victoria (Goura victoria), mambruk ubiaat (Goura cristata), mambruk selatan (Goura scheepmakeri). Burung ini mempunyai ciri-ciri bentuk tubuh yang besar dengan panjang 74 cm, memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan, jambul seperti kipas dengan ujung putih, dada merah marun keunguan, paru berwarna abu-abu, kaki merah kusam, dan garis tebal berwarna abu-abu disayap dan ujung ekornya. Habitat dari burung ini tersebar di daerah hutan dataran rendah,hutan sagu dan hutan rawa dibagian utara pulau Papua.

Burung yang merupakan hewan endemik dari Papua penyebarannya juga pulau Biak, raja ampat dan yapen. Burung ini berkembang biak dengan cara bertelur dimana setiap betina menghasilkan satu telur. Sekarang ini populasi Burung ini semakin sedikit dikarenakan habitatnya sudah banyak yang rusak karena penebangan kayu dan dagingnya banyak dikonsumsi oleh warga setempat, serta tingginya permintaan dipasar untuk dijadikan hewan peliharaan. Burung ini sangat mudah untuk di jinakan menurut pengakuan warga setempat burung ini akan seperti ayam kalau sudah jinak dan tidak dapat lama.

Burung Mambruk ternyata memiliki umur yang panjang di bandingkan jenis burung yang lain, apabila di tempatkan dalam penangkara seperti kebun binatang umur burung ini bisa mencapai 35 tahun atau lebih, bahkan ada laporan dari seorang pemelihara burung di Indonesia melaporkan bahwa burung peliharaannya berumur lebih dari 40 tahun. Seperti burung pada umumnya burung mambruk hidup secara berpasangan atau berkelompok. Burung Mambruk bersarang di atas dahan pohon. Sarangnya terbuat dari ranting-ranting dan dedaunan. Burung betina biasanya menetaskan sebutir telur berwarna putih. Mambruk adalah spesies terestrial. Burung ini mencari makan di atas permukaan tanah. Pakan burung Mambruk terdiri dari aneka biji-bijian dan buah-buahan yang jatuh di tanah.

Burung Mambruk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Burung sudah masuk dalam kategori hewan langka karena habitatnya banyak yang rusak,perdagangan dan konsumsi daging dari burung ini. Semuanya kembali lagi kepada kita untuk berperilaku arif terhadap lingkungan sehingga kita masih bisa melihat burung mambruk di habitat aslinya.

You May Also Like