Anoa

Anoa – Anoa atau Bubalus sp adalah mamalia terbesar dan endemik yang hidup di daratan Pulau Sulawesi dan Pulau Buton. Anoa merupakan hewan yang tergolong fauna peralihan dan merupakan mamalia tergolong famili bovidae yang tersebar hampir di seluruh pulau sulawesi. Kawasan Wallacea yang terdiri atas Pulau Sulawesi , Maluku , Halmahera , Kepulauan Flores dan pulau pulau kecil di Nusa Tenggara. Wilayah ini unik karena banyak flora dan fauna yang merupakan kawasan peralihan antara benua Asia dan benua Australia. Anoa atau Bubalus sp adalah salah satu satwa endemik yang dilindungi yang menjadi ciri khas Pulau Sulawesi yang turut mendiami kawasan Hutan Lindung desa Sangginora kabupaten Poso.

Anoa memiliki dua spesies anoa yaitu :

  • Anoa pegunungan (Bubalus quarlesi)
  • Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis)

Kedua jenis anoa ini tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia. Keduanya juga termasuk agresif dan sulit dijadikan hewan ternak. keduanya juga dapat dibedakan melalui ukuran tubuh. Anoa dataran rendah relatif lebih kecil dan ringan, sementara anoa di gunung memiliki ekor panjang , berkaki putih , dan memiliki tanduk kasar dengan penampang segitiga. Penampilan mereka mirip dengan kerbau , dengan berat tubuh 150-300 kilogram dan tinggi 75 centimeter. Karena bentuknya yang seperti kerbau namun lebih kecil, banyak yang menyebut mereka dengan kerbau kerdil.

Perkembangan distribusi anoa berada di wilayah daratan Sulawesi dan Pulau Buton. Saat ini kedua jenis anoa ini sudah tidak memiliki habitat yang khas lagi. Populasi anoa ini diperkirakan turun dari tahun ketahun. Ini disebabkan karena pengalihan hutan dan perburuan liar.

Anoa memiliki perilaku hidup secara soliter, namun tidak jarang juga dijumpai dalam kawanan tiga sampai lima ekor. Mereka umumnya berada di hutan-hutan yang lebat di dekat aliran sungai / air , danau , rawarawa , sumber air panas yang mengandung mineral sepanjang pantai. Setiap tahun induk anoa melahirkan rata-rata satu bayi anoa. Anoa juga bisa bertahan hidup hingga 20 tahun sampai 25 tahun. dan sudah mampu berkembang biak pada umur 2 tahun sampai 3 tahun. Anoa yang baru saja melahirkan atau yang sedang menyapih anaknya akan cenderung bersifat agresif dalam setiap kelahiran. Anoa mencapai dewasa seksual pada umur 3-4 tahun dengan siklus estrus 15-23 hari dengan periode estrus 2-4 hari dimana puncak estrus. Saat dilahirkan, bayi anoa memiliki bulu berwarna cokelat keemasan atau kekuningan dan sangat tebal. Warnanya perlahan akan berubah menjadi lebih gelap seiring dengan pertumbuhannya.

baca juga :
Burung Cenderawasih
Orang Utan
kantong semar
kanguru pohon wondiwoi
saola (Pseudoryx nghetinhensis)
ikan lele (Clarias Sp)
Elang Bondol ( Haliastur indus)
Bekantan ( Nasalis Larvatus)
Jenis – Jenis Leopard Gecko
Ular Terbesar yang pernah ditemukan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *