Anoa

anoa

Anoa

Anoa merupakan sejenis kerbau kecil atau sapiutan adalah spesies asli Indonesia,dan merupakan satwa endemik di pulau Sulawesi. Anoa ini terdiri dari dua spesies yaitu Anoa gunung dan Anoa dataran, kedua jenis anoa ini dibedakan nberdasarkan bentuk tanduk dan ukuran tubuh, anoa dataran relatif lebih kecil, ekor lebih pendek dan lembut, serta memiliki tanduk yang melingkar, sednagkan Anoa Gunung secara fisik lebih besar,ekor panjang, nberkaki putih da memiliki tanduk kasar dengan penampang segitiga, dari segi fisik anoa sekilas seperti Kerbau namun penampilannya seperti Rusa dengan berat 150-300 kg.

Anao termasuk hewan herbivora, anoa memakan tumbuhan yang berair seperti pal=kis, rumput, tunas pohon, buah-buahan yang jatuh, dan jenis umbi-umbian. seperti hewan memamah biak lainnya. Anoa membutuhkan garam dan mineral alam lainnya, biasanya anoa akan mejilat batu batu yang mengandung garam atau mineral alam tersebut.
Anoa merupakan satwa endemik dari pulau Sulawesi dan pulau Buton yang berada di Sulawesi tenggara. Anoa hidup berpasangan atau sendiri-sendiri dan tidak berkelompok seperti jenis kerbau pada umumnya. Anoa ini termasuk hewan yang agresif dan sulit untuk dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan. Habitat Anoa berada di hutan tropika dataran, sabana, terkadang juga dijumpai di rawa-rawa. Penyebaran dari satwa ini sangat terbatas, sedangkan populasi dan habitatnya semakin lama semakin menurun baik kuantitas maupun kualitasnya.

Penurunan populasi dari satwa ini karena kehilangan habitat karena perburuan liar untuk tanduk, kulit dan daging, perambahan hutan, perladangan yang berpindah-pindah dan rendahnya sikap mastyarakat terhadap satwa ini. dan perlu dikatahui bahwa reproduksi Anoa ini termasuk lambat, dalam satu tahun induk Anoa hanya melahirkan satu anak anoa. Anoa bisa bertahan hidup sekitar 20- 25 tahun dan sudah bisa kawin pada umur 2-3 tahun. hal ini juga menjadikan Anoa sulit berkembang biak dan menjadikan Anoa sebgai hewan langka asli Indonesia yang perlu terus di jaga kelestariannya.

Berhati-hati lah dengan anoa yang baru melahirkan, terluka atau sedang birahi karena dalam kondisi tersebut Anoa cenderung bersikap agresif dan menyerang apa saja yang mengganggu anoa tersebut.

You May Also Like