Lemur Bambu

Lemur Bambu – Lemur bambu atau lemur gentle adalah lemur dalam genus Hapalemur. Primata berukuran menegah tersebut merupakan primata yang cukup terkenal di Madagaskar. Lemur bambu awalnya dikenal sebagai Hapalemur simus dianggap menjadi bagian dari genus tersebut , namun sekarang diklasifikasikan masuk dalam the genus Prolemur.

Lemur bambu diciri – cirikan oleh bulu abu – abu coklat , yang bervariasi menurut spesiesnya. Moncong mereka pendek dan telinga mereka bulat dan berbulu. Panjangnya bervariasi antara 26 sampai 46 cm , dengan ekor panjang atau panjangnya , dan beratnya mencapai 2,5 kilogram.

Lemur bambu ini memilih hutan lembah dimana bambu tumbuh untuk mereka tinggalin. Meski bisa aktif setiap saat , mereka lebih memilih aktif sesaat setelah fajar. Meskipun terutama arboreal , terkadang mereka turun ke tanah.

Lemur yang lebih lemah biasanya hidup bersama dengan kelompok tiga sampai lima hewan , yang mungkin mewakili keluarga yang terdiri dari laki – laki , satu atau dua betina , dan keturunan mereka. Mereka bisa berkomunikasi dengan berbagai suara.

Mereka disebut lemur bambu karena secara eksklusif mereka memakan bambu. Bagaimana lemur bambu dapat mendetoksifikasi jumlah tinggi sianida yang ada dalam bambu yang mereka makan tidak diketahui.

Gestasi berlangsung selama 135 sampai dengan 150 hari dan berakhir antara bulan september dan januari , saat wanita muda beranak satu sampai dua. Ini disapih setelah sekitar empat bulan dan sudah mata pada usia dua tahun. Harap hidup mereka sampai 12 tahun.

Pada 2010 , Lemur bambu telah dibagi klasifikasinya menjadi 5 spesies dan tiga subspesies , antara lain :
-Eastern Lesser Bamboo Lemur (Hapalemur Griseus)
-Eastern Leeser bambo Lemur (Hapalemur Griseus)
-Gilbert’s bamboo lemur (Hapalemur Gilberti)
-Ranomafana bamboo lemur (Hapalemur Ranomafanensis)
-Southern lesser bamboo lemur (Hapalemur Meridionalis)
-Western lesser bamboo lemur (Hapalemur Occidentalis)
-Lac Alaotra bamboo Lemur(Hapalemur Alaotrensis)
-Golden bamboo Lemur (Hapalemur Aureus)

Dalam status IUCN (International Union for Conservation Nation) , Hewan ini adalah hewan yang ditandai dengan status Konservasi. Atau dengan kata lain , Hewan ini sedang dikembangbiakan agar tidak terancam dalam kepunahan.

You May Also Like