Macan Tutul

Macan Tutul – Macan Tutul atau Panthera Pardus adalah salah satu dari empat kucing besar. Hewan ini juga dikenal dengan sebutan harimau dahan karena memiliki kemampuan untuk memanjat. Awalnya orang berpikir macan tutul adalah hibrida dari singa dan harimau , sehingga muncul nama “Leopard” di kalangan peneliti Eropa awal. Fauna ini merupakan fauna identitas Jawa Barat yang terancam punah di Indonesia.

Macan tutul berciri-cirit memiliki panjang tubuh yang bisa mencapai dua meter. Hewan ini juga memiliki bulu berwarna kuning kecokelatan dan memiliki bintik hitam di sepanjang tubuhnya. Macan Tutul jantan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan Macan Tutul betina.

Kalian dapat menemukan macan tutul di daerah sebarannya yaitu di beberapa tempat di Benua Asia dan hampir di seluruh wilayah Benua Afrika. Macan tutul ini adalah hewan yang penyendiri , karena mereka berusaha menghindari satu sama lainnya. Hewan ini juga lebih aktif di malam hari. Karena tingkat kematian yang tinggi , Macan Tutul muda sering bersama induknya sampai dia berumur sekitar satu setengah sampai dua tahun.

Macan Tutul adalah pemburu oportunitis , yang menggunakan segala kesempatan untuk mendapatkan mangsanya. Mereka memangsa , mangsanya yang berukuran kecil , sedang , maupun besar. Mangsa dari hewan ini terdiri dari anekah hewan menyusui , hewan pengerat , ikan , burung , monyet dan binatang-binatang lain yang terdapat disekitar habitatnya.

Beberapa jenis spesies macan tutul yang dapat kita jumpai di Benua Afrika maupun di Benua Asia :
-African Leopard (Panthera Pardus Melanotica)
-Indian Leopard (Panthera Pardus Fusca)
-Javan Leopard (Panthera Pardus Melas)
-Arabian Leopard (Panthera Pardus Nimr)
-Anatolian Leopard (Panthera Pardus Tulliana)
-North-Chinese Leopard (Panthera Pardus Japonensis)
-Amur Leopard (Panthera Pardus Orientalis)
-Indochinese Leopard (Panthera Pardus Delacouri)
-Sri Lankan Leopard (Panthera Pardus Kotiya)

Beberapa subspesies dari Macan Tutul seperti Macan Kumbang dari Indonesia terancam punah , namun secara umum hampir semua Macan Tutul dievaluasikan sebagai fauna yang hampir punah di dalam IUCN (International Union for Conservation of Nature)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *