6 Tanaman Asli Indonesia – 5

Tanaman Asli Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam melimpah. Kekayaan yang dimiliki sangat beragam dan mempesona. Dari laut sampai darat, dari dataran rendah sampai dataran tinggi, semuanya menghasilkan keanekaragaman hayati yang fantastis.

Indonesia memiliki tumbuhan yang unik yang hanya bisa hidup di Indonesia. Sayanganya tumbuhan yang merupakan kekhasan Indonesia justru diambang kepunahan akibat tangan sekah manusia. Pembukaan lahan baru, babat hutan secara brutal, kebakaran yang disengaja serta dijadikan lahan bisnis merusak ekosistem yang ada. Hal ini menjadi faktor utama hilangnya tumbuhan asli Indonesia

Berikut Tanaman Asli Indonesia yang sudah diambang kepunahan

Bertan (Eugeissona Utilis)

Tanaman-Asli-Indonesia--Sagu-Liar-borneoBertan (Eugeissona Utilis) – Tanaman ini hanya bisa dijumpai di pulau Kalimantan. Oleh masyarakat setempat disebut sebagai Kadjatoa dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Wild Bornean Sago Palm yang berarti Sagu liar Borneo.

 

Palem merah (Cyrtostachys renda)

Tanaman-Asli-Indonesia-Palem-MerahPalem merah (Cyrtostachys renda) – Dikenal juga dengan pinang merah yang kemudian ditetapkan menjadi flora maskot provinsi Jambi. Palem merah ini termasuk tanaman hias. Dan karena berwarna merah seringkali disebut Palem Lipstik.

 

Balam Suntai (Palaquium Walsurifolium)

Tanaman-Asli-Indonesia-Balam-SuntaiBalam Suntai (Palaquium Walsurifolium) – Ini adalah salah satu jenis tanaman langka asli Indonesia. Tanaman langkabanyak dicari orang karena memiliki kualitas kayu yang baik.

 

 

Sarang Semut (Myrmecodia Pendens)

Tanaman-Asli-Indonesia--Sarang-SemutSarang Semut (Myrmecodia Pendens) – Dikenal dengan nama sarang semut karena tenaman ini merupakan tempat favorit para semut yang tinggal didalam bang pohon. Tak mudah menemukannya, lokasi tanaman jauh diatas tanah. Sarang semut merupakan tumbuhan epifit asal Papua, lebih sering ditemukan menempel pada pohon besar setinggi 8 meter. Lebh mudah ditemukan pada pohon besar yang tumbuh diatas ketinggia 1100-2500 dari permukaan laut.

Edelweis (Anaphalis Javanica)

Tanaman-Asli-Indonesia-Edelweiss

Edelweis (Anaphalis Javanica) – Tanaman ini adalah tanaman langka di Indonesia. Tanaman Edelweis bisa tumbuh hingga ketinggian 8 meter dan batang sebesar ukuran kaki manusia. Lebih sering
dijumpai sekitar daerah pegunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera selatan, dan Jawa.

Tengkawang (Shorea App)

Tanaman-Asli-Indonesia-TengkawangTengkawang (Shorea App) – Tengkawang merupakan nama buah dan pohon genus Shorea yang buahnya banyak dimanfaatkan sebagai penghasil minyak nabati. Karena hanya berbuah sekali dalam tujuh tahun, tanaman ini pun jarang di budidayakan sehingga keberadannya semakin sedikit. Dalam bahasa Inggris tanaman langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut.

Dengan adanya keberagaman hayati, serta kekayaan alam yang dimiliki, seharusnya manusia sebagai pengendali lingkungan memahami betul tentang ekosistem lingkungan dan pengaruh alam terhadap kebutuhan hidup manusia. Sebab itu rawatlah alam dengan baik dan bijaksana. Indonesia memiliki banyak Tanaman Asli yang sangat mengagumkan dan membuat negara lain terpicut akan keindahannya. Cintailah dan hargailah lingkungan sekitar. Melestarikan hutan dan menjaganya. Membasmi tangan-tangan rakus yang menghancurkan hutan secara membabi buta hanya untuk kepentingan sesaat.

baca juga :

bagian 1 Tanaman Asli Indonesia 
bagian 2 Tanaman Asli Indonesia 
bagian 3 Tanaman Asli Indonesia 
bagian 4 Tanaman Asli Indonesia
bagian 5 Tanaman Asli Indonesia

You May Also Like