6 Tanaman Asli Indonesia – 3

Tanaman Asli Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam melimpah. Kekayaan yang dimiliki sangat beragam dan mempesona. Dari laut sampai darat, dari dataran rendah sampai dataran tinggi, semuanya menghasilkan keanekaragaman hayati yang fantastis.

Indonesia memiliki tumbuhan yang unik yang hanya bisa hidup di Indonesia. Sayanganya tumbuhan yang merupakan kekhasan Indonesia justru diambang kepunahan akibat tangan sekah manusia. Pembukaan lahan baru, babat hutan secara brutal, kebakaran yang disengaja serta dijadikan lahan bisnis merusak ekosistem yang ada. Hal ini menjadi faktor utama hilangnya tumbuhan asli Indonesia

Berikut Tanaman Asli Indonesia yang sudah diambang kepunahan

Kantong semar

6-Tanaman-Asli-Indonesia-kantong-SemarKantong semar – Tanaman ini habitatnya ada di Kalimantan dan Sumatera. Tumbuhan ini biasanya hidup dengan menjadi benalu dan memanjat tanaman lainnya. Tinggi dari tumbuha ini bisa mencapai 15-20 meter. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan karnivora, dimana diujung kantongny ada sulur sebagai perangkap serangga dan binatang kecil kayak kodok, pacet, dan serangga lainnya. Selain ditemukan disekitar daerah Indonesia, tanaman ini juga bisa ditemui sekitar daerah Asia Tenggara. Sayangnya, perhatian terhadap jenis tanaman ini begitu minim hingga empatdiantaranya termasuk dalam status kritis serta empat lainya terancam punah

Akar Karak (ficus Uniglandulosa wall)

6-Tanaman-Asli-Indonesia-Akar-KarakAkar Karak – Tinggi pohon hanya sekitar 14 m dengan diameter batang sekiar 15 cm. batangnya berwarna puih dan bergetah. Terkenal dengan nama akar karak, kara, atau Wa Punot

 

 

Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi)

6-Tanaman-Asli-Indonesia-bunga-bangkaiBunga Bangkai – Sebuah tanaman langka di Indonesia yang juga dianggap sebagai bunga terbesar dunia. Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1818 didaerah Sumatera. Tanaman yang merupakan jenis flora asli Indonesia ini termasuk dalam daftar tanaman langka dan terancam punah. Menyusutnya habitat bunga tersebut diantaranya disebabkan kegiatan manusia seperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian, maupun permukiman.

Cengkeh (Syzygium aromaticum)

6-Tanaman-Asli-Indonesia-cengkehCengkeh – Biasa digunakan sebagai bumbu makanan pedas oleh masyarakat eropa. Sedangkan di Indonesia sendiri biasa digunakan untuk rokok kretek. Cengkeh tumbuh subur di daerah Maluku. Yaitu Tidore, Makian, Bacan, dan Moti. Selain digunakan untuk rokok, cengkeh juga banyk digunakan untuk rempah-rempah, bumbu dapur dan hiasan untuk kue. Aromanya wangi, daunnya rimbun, dan tinggi pohonnya bisa mencapai 10 meter.

Pala (Myristica fragrans)

6-Tanaman-Asli-Indonesia-palaPala  – Pala biasa diambil bijinya untuk kemudian dijadikan bumbu masakan. Tanaman ini tumbuh subur didaerah pulau Banda dan Maluku. Lalu tanaman ini disebarkan hingga ke pulau Jawa dan Sumatera. Pala juga bisa dijadikan sebagai camilan berupa manisan dan juga bisa sebagai minyak.

Sirih

6-Tanaman-Asli-Indonesia-sirihSirih – Tanaman asli provinsi kepulauan Riau ini tumbuh dengan cara merambat di tanaman lainnya. Sirih merupakan tanaman asli khas Indonesia yang banyak sekali manfaatnya. Sirih biasanya juga dikunyah bersama gambir, pinang, dan kapur untuk memperkuat gigi dan supaya terhindar dari penyakit kanker mulut.  Sirih bisa ditemukan di wilayah Indonesia manapun. Sirih juga bisa digunakan sebagai rtamuan tradsioan, dan obat kecantikan.

Dengan adanya keberagaman hayati, serta kekayaan alam yang dimiliki, seharusnya manusia sebagai pengendali lingkungan memahami betul tentang ekosistem lingkungan dan pengaruh alam terhadap kebutuhan hidup manusia. Sebab itu rawatlah alam dengan baik dan bijaksana. Indonesia memiliki banyak Tanaman Asli yang sangat mengagumkan dan membuat negara lain terpicut akan keindahannya. Cintailah dan hargailah lingkungan sekitar. Melestarikan hutan dan menjaganya. Membasmi tangan-tangan rakus yang menghancurkan hutan secara membabi buta hanya untuk kepentingan sesaat.

baca juga :

bagian 1 Tanaman Asli Indonesia 
bagian 2 Tanaman Asli Indonesia 
bagian 3 Tanaman Asli Indonesia 
bagian 4 Tanaman Asli Indonesia
bagian 5 Tanaman Asli Indonesia

You May Also Like