5 Tumbuhan Unik, Aneh dan Langka di Dunia

5 Tumbuhan Unik, Aneh dan Langka di Dunia – Kali ini kami akan membahas tentang tumbuhan tumbuhan unik dan aneh yang ada di dunia dan jarang sekali untuk kita temukan. Rafllesia Arnoldii merupakan salah satu tumbuhan unik yang ada di Indonesia.

Baca juga : Jenis Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Tapi selain bunga Rafflesia Arnoldii ternyata masih ada tumbuhan dengan bentuk aneh dan unik lainnya. Penasaran tumbuhan apakah itu? Berikut adalah tanaman unik dan aneh tersebut

1. Welwitschia Mirabilis (Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia)

Welwitschia Mirabilis merupakan tumbuhan terlangka di dunia, dia hanya mempunyai satu spesies saja yaitu Welwitschia Mirabilis. tumbuhan ini merupakan flora endemik dari gurun namib yang berada dalam wilayah Namibia dan Angola.

Dilihat dari bentuknya tumbuhan ini memang tidak menarik, tumbuhan ini hanya memiliki dua daun dan satu batang dengan sistem akar. Namun tumbuhan ini akan terus tumbuh sampai akhirnya mirip dengan alien. Batang tumbuhan ini semakin lama lama akan semakin tebal tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya sekitar 2 meter dengan lebar mencapai 8 meter. Umur tanaman ini sangat fantastis yaitu dapat tetap hidup selama 5 tahun lamanya tanpa hujan dan umur tanaman ini dapat mencapai 400 -15 abad.
Dalam bahasa Namibia tumbuhan yang ternyata enak dimakan ini bernama Onyanga atau bawang padang pasir.

2. Tanaman Karnivora

Bukan hanya hewan karnivora saja, namum terdpat pula tanaman karnivora. Disebut tanaman karnivora karena tanaman ini memangsa serangga yang mendekat pada daunnya. Proses ini memiliki nama ilmiah Dionaea muscipula, mereka memiliki rambut halus yang ultra sensitif, sehingga ketika ada serangga yang mendekat daun yang memiliki gerigi langsung menutup dan menerangkap serangga yang mendekat.

3.Rumput Menari

Rumput Menari (Codariocalyx motorius atau juga Desmodium gyrans) merupakan sejenis pokok renek Asia. Sebagian banyak orang menyebut tanaman ini dengan rumput menari, karena gerakan daunnya seperti menari atau gerakan kod semafor. Tanaman ini mudah tumbuh dan daun akan menari ketika banyak sinar banyak matahari atau dlam keadaan kering.

4.Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa)

Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa) merupakan tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Euphorbia obesa (tanaman baseball) tampak seperti bola yang sempurna, sangat dekoratif. Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat mencapai 15 cm untuk yang tua. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang tua. Tanaman Ini berisi sebuah reservoir air untuk mengatasi musim kering.
Karena bentuk nya yang unik dan lucu, banyak kolektor tanaman akhirnya mengambil tnaman ini dan mengoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Alasan itulah yang menjadikan tanaman tersebut saat ini di lindungi oleh pemerintah Afrika Selatan.

5. Silver Torch Cactus (Cleistocatus straussi)

Tanaman ini merupakan jenis tanaman katus, namun berbeda dengan jenis kaktus lainnya, kaktus jenis ini lebih menyukai tempat dingin. Diketahui kaktus ini tumbuh di puncak pegunungan di Argentina dan Bolivia yang memiliki suhu -10 derajar celcius.Silver Torch Cactus hanya berbunga saat hujan.

You May Also Like