5 Jenis Fauna di Perairan Indonesia

5 Jenis Fauna di Perairan Indonesia – Berbicara dunia fauna di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Keanekaragamannya membuat kita tak bosan untuk selalu membahas keindahan fauna dan yang ada.

Baca juga : 5 Fauna Terlangka Di Indonesia

Dan postingan kali ini kami khususkan untuk membahas mengenai macam-macam fauna yang hidup dalam air. Tidak hanya di darat dan di udara, keanekaragaman fauna di air juga tak kalah banyak dan menarik untuk kita ulas bersama-sama. Nah, apa sajakan fauna yang hidup didalam air? yuk kita pelajari penjelasan dan uraian berikut ini.

Jenis-Jenis Fauna di Perairan

1. Ikan

Ikan merupakan anggota vetrebata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup didalam air dan berinsang. Ikan adlah jenis kelompok vetrebata yang paling beranekaragam jumlah spesiesnya yaitu lebih dari 27.000 spesies diseluruh dunia.

Ikan memiliki berbagai macam ukuran, jenis dan ciri-ciri yang berbeda. mulai dari paus hiu yang berukuran hingga 14 meter samapi stout infanfish yang hanya berukuran 7mm.

Ikan dapat ditemukan hampir di semua genangan air. Namun pada danau yang terlalu asin seperti Great Salt Lake tidak bis di hidupi ikan.Berikut ini bebrapa gambar ikan yang sering kita temui di perairan Indonesia.

2. Kura kura

Kura kura dan penyu adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Namun kura-kura dapat hidup diberbagai tempat, mulai dari daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. Sebagian jenisnya hidup sepenuhnya akuatik, baik di peraiaran tawar maupun di lautan.

Jenis hewan yang disebut dengan Testudianan mempunyai ciri khas yang sangat mudah dikenali yaiut dengan adanya tempurung atau batok yang keras dan kaku. BAtok kura-kura terdiri 2 bagian, bagian atas untuk menutupi punggung dan bagian bawah disebut plastron. Dan pada setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

3. Bulu Babi

Bulu babi atau landak laut merupakan hewan laut dengan berbentuk bundar dan memiliki duri pada seluruh kulitnya yang dapat digerakkan. Binatan ini terbagi menajdi 950 spesies dan dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman laut 5.000m.

Bulu babi adalah makhluk omnivora artinya mereka makan alga dan tumbuhan laut lainnya yang menempel di bebatuan dan terumbu karang.

4. Lumba – Lumba

Lumba-lumba adalah jenis mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamian yang melengkapai tubuhnay sangat kompleks. Salah satu contohnya yaitu kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air. Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Merke hidup di laut dan sungai diseluruh dunia. Lumba-lumba masih berkerabat dengan paus dan pesut.

5. Bintang Laut

Bintang laut dikenal dengan sebutan starfish (ikan bintang), hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang bergerak bebas dengan menggunakan kaki-kaki tabungnya, merayap sepanjang dasar laut dalam kecepatan yang cukup rendah untuk kebanyakan spesies.

You May Also Like