Babi Rusa

Babi Rusa

Babi Rusa

Salah jenis Hewan Mamalia darat yang paling aneh di dunia. hewan ini perpaduan antara babi dan rusa, namun sebenarnya hewan ini masuk ke dalam jenis mamalia babi. yang membuat babi ini berbeda dengan jeis babi yang lain adalah adanya taring tambahan yang menembus kulit hidung dan kemudian melengkung diatas wajah kearah dahi, gigi kaninus tajam juga menonjol keluar rahang terjadi juga pada babi rusa betina namun mempunyai ukuran yang lebih kecil. Namun fungsi dari taring ini belum diketahui, karena mempunyai struktur yang rapuh dan mudah pecah dan kemungkinan tidak akan dipakai pada saat bertarung.

Mamalia ini memiliki pola makan yang bervariasi dari daun, akar dan buah-buahan yang di temukan dnegan menggali tanah basah berlumpur atau pasit lunak serta mamalia kecil yang ditangkap dan dikonsumsi oleh babi rusa. babi rusa memiliki rahang dan gigi yang sangat kuat. Babi rusa selalu juga membutuhkan mineral dari alam berupa garam seperti mamalia yang lain dengan mecari endapan garam di dekat sumber air panas, kegiatan mencari mineral ini menjadi kegiatan yang menguatkan ikatan sosial diantara para anggota kelompok.

Babi rusa adalah hewan yang sosial, diperkirankan hidup berkelompok hingga delapan individu, dan aktif selama siag hari, babi rusa ini dapat di temukan di sekitar air dan kubangan, bahkan babi rusa juga membangun sarang untuk tidur. para betina juga membangun sarang apabila akan bereproduksi, biasa seekor betina akan melahirakan satu sampai dua anak dalam satu periode kelahiran selama 155 sampai 158 hari kehamilan dan akan berlangsung setiap tahun.

Spesies ini mendiami Pulau Sulawasi bagian tengah, namun tidak menutup kemungkinan menghuni semua daratan Sulawesi mulai dari Urata, selatan, timur dan tenggara. Namun belom bisa dikonfirmasi kepastiannya. Habitat Babi rusa biasanya ditemukan di sepanjang tepi sungai dan danau, di hutan hujan tropis dimana banyak tanaman air.

Babi rusa termasuk hewan yang di lindungi dan perburuan terhadapa babi rusa merupakan tindakan yang ilegal, namun perburuan masih menjadi ancaman yang serius bagi keberadaan satwa ini. selain itu juga penebangan dan pembalakan liar pun mengancam keberadaan habitat babi rusa.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *