Burung Kasturi Ternate

Burung Kasturi Ternate

Burung Kasturi Ternate

Kasturi Ternate atau dalam bahasa latin Lorius garrulus, inilah salah satu jenis burung kasturi yang paling sering diperdagangkan, menurut laporan diperkirakan 16.000 ekor pertahun melebihi dari kakatua putih yang sama-sama dari Maluku terutama dari ternate Maluku Utara.

Wilayah persebaran burung kasturi ternate sangat terbatas, bahkan hanya ditemukan di Maluku Utara. Dengan kata lain, kasturi ternate merupakan burung endemik Maluku Utara dan menjadi salah satu plasma nuftah berharga di negeri ini. Populasiburung kasturi di perkirakan antara 46.360 -295.540 ekor, ancaman terbesarnya adalah perburuan liar untuk diperdangangkan, dan ancaman lai yaitu penebangan liar dan pembukaan hutan untuk keperluan industri.

Burung kasturi ini sangat digemari oleh para pencinta burung disebabkan burung ini cepat jinak dengan pemiliknya. inilah yang menyebabkan kebutuhan akan burung ini sangat besar dan penggemar burung ini banyak berasal dari manca negara.

Habitat burung kasturi ternate adalah di daerah hutan primer dan sekunder yang tinggi, serta tepian hutan. Biasanya burung-burung ini berkeliaran secara berpasangan, tetapi terkadang juga dalam sebuah kelompok yang terdiri sekitar 10 ekor burung. Makanan burung adalah nektar, madu, dan buah. Burung Kasturi Ternate (Lorius garrulus) dewasa berukuran sekitar 30 cm. Bulu pada tubuh, leher, dan kepalanya didominasi warna merah. Kedua sayap memiliki bulu berwarna hijau dengan kombinasi warna kuning pada lipatannya. Paha, sayap, dan ujung ekor berwarna hijau. Tepi sayap dan penutup sayap bawah berwarna kuning. Paruh memiliki warna jingga, dengan pangkal paruh berwarna lebih gelap. Lingkar mata abu-abu, sedangkan mata berwarna merah atau jingga.

Walaupun perdagangan dari burung sangat besar dari tahun ke tahun namun menurut brung kasturi ini di Indonesia belum masuk ke daftar hewan di lindungi. Dikhawatirkan bahwa burung ini akan punah dari daerah asalnya.

Mari kembalikan habitat dan menigkatkan populasi dari hewan cantik endemik Indonesia, jangan biarkan hewan endemik indonesia berkembang di negara lain, dan di masa depan kita tidak bisa lagi melihat hewan ini di habitat aslinya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *