Beringin

Beringin
Beringin atau dengan nama latin Ficus Benjamin L, merupakan jenis tanaman peneduh. Tanaman ini tanaman asli daerah Asia dan Australia. Tumbuhan ini sangat akrab dengan budaya asli Indonesia, dengan bentuk yang tanaman yang besar sering sekali dianggap sebagai tumbuhan yang mempunyai daya mistis, oleh sebab itu dalam masyarakat kita sering sekali kita mendengar cerita-cerita mistis mengenai keberadaan jenis pohon ini. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi.

Pohon yang bukan hanya menjadi pohon peneduh saja, sudah sejak lama pohon beringin juga sudah di buat menjadi pohon hias yaitu Bonsai. Pohon beringin salah satu jenis tumbuhan yang sangat penting bagi ekosistem banyak sekali organisme yang bergantung pada tumbuhan ini. Selain itu pohon beringin sangat toleran untuk sinar Matahari, mampu tumbuh di lokasi yang terpapar sinar matahari penuh atau tertutup/tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu pula pohon beringin juga toleran dengan segala jenis tanah sehingga dapat tumbuh pada kondisi tanah liat,berpasir,geluh,basa,asam,terendam bahkan tanah kering sekalipun.

Beringin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan tersebut pohon ini sangat mudah untuk di budidayakan, dengan kemampuan hidup yang bagus di segala kondisi. Pohon beringin merupakan tumbuhan yang menjadi solusi untuk melakukan usaha untuk konservasi lingkungan, dengan maraknya pencemaran lingkungan baik udara, air dan tanah. Tanaman ini hadir untuk memberikan dampak yang positif dalam upaya mengendalikan tingkat pencemaran lingkungan.

Lepas dari budaya kita yang mengambarkan hal yang berbau mistis dan menyeramkan mengenai pohon beringin. Pohon beringin merupakan solusi permasalahan pencemaran lingkungan hidup, karena tumbuhan ini bisa bertahan dengan segala kondisi lingkungan, disamping dijadikan sebagai tanaman hias dan peneduh ternyata tumbuhan ini bisa meyerap segala polutan diudara, peyimpana air serta bisa menjadi habitat buat beberapa jenis hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *